Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Gubernur Sumsel Ajak Seluruh Masyarakat Mengurangi Limbah Plastik

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Gubernur Sumsel Ajak Seluruh Masyarakat Mengurangi Limbah Plastik

Gubernur Sumsel H Herman Deru melihat hasil kerajinan dari limbah plastik, Rabu, 19 Juli 2023.--dok : sumeks.co

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Gubernur Sumsel Ajak Seluruh Masyarakat Mengurangi Limbah Plastik

 

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tahun 2023 di Provinsi Sumatera Selatan, dipusatkan di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Rabu, 19 Juli 2023.

 

Gubernur Sumsel H Herman Deru yang hadir dalam kegiatan tersebut mengajak semua elemen masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan terutama pada sampah plastik. 

 

Menurut Herman Deru, salah satu cara mengatasi sampah plastik yang menjadi masalah dunia ini dengan menanamkan rasa kepedulian pada kelestarian lingkungan dengan cara sederhana seperti mendaur ulang atau pemanfaatkan kembali limbah.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Herman Deru Minta Pelayanan Kesehatan Lebih Maksimal dan Sempurna Lagi

 

"Caranya dengan bagaimana agar sampah plastik ini tidak menjadi ancaman bagi kelestarian alam seperti mendaur ulang," kata Herman Deru.

 

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunis ini lanjut Herman Deru, tak lain untuk mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peduli.

 

Seperti kalangan orangtua yang diharapkan dapat menjadi contoh sejak dini kepada anak-anaknya dengan literasi yang benar terhadap penanganan limbah rumah tangga atau sampah.

 

"Kepedulian ini perlu ditanamkan sejak dini mulai dari dalam rumah tangga, sekolah dan lingkungan sekitar terhadap pentingnya kelestarian alam dari ancaman sampah berbahaya limbah plastik," tambahnya. 

BACA JUGA:Herman Deru Duduk Bareng Bupati Banyusian, Sebut Harganas ke-30 Tahun 2023 Miliki Dampak Positif Bagi Sumsel

Selain itu, Herman Deru juga memberikan apresiasinya kepada Dinas Lingkungan Hidup  Provinsi Sumsel yang telah menggelar peringatan HLHS, termasuk juga kepada Kabupaten/Kota, Lembaga dan  perorangan yang telah menerima penghargaan atas kepedulian terhadap lingkungan. 

 

"Penghargaan bidang lingkungan hidup yang diberikan  bukan hanya kebanggaan  tetapi itu sebagai bagian  ibadah kita dalam menunjukan cinta kita terhadap kelestarian  alam," tukasnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Provinsi Sumsel H Edward Candra dalam laporannya menyebut pada peringatan HLHS  ke-50 Tahun 2023 ini bertemakan ‘Solusi Untuk Polusi atau Sampah Plastik’. 

 

Menurutnya sampah termasuk persoalan yang penting untuk ditangani. Dimana data yang ada di Sumsel tercatat sebanyak 1.575 ton limbah  yang masuk setiap harinya.

BACA JUGA:Herman Deru Didampingi Bupati Panca Buka Jambore Pemuda Daerah 2023

"Peringatan ini menjadi momentum penting dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita semua terhadap lingkungan," pungkasnya.

 

Pada kesempatan ini Gubernur Sumsel Herman Deru memberikan penghargaan bidang lingkungan hidup. Serta Penghargaan Nirwasita Tantra kepada Kabupaten/Kota, Penghargaan Kalpataru, Adiwiyata, Karhutla dan Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: