Banyak Dapat Daging Kurban? Ini 6 Tips Menyimpan Daging Kurban Biar Awet

Banyak Dapat Daging Kurban? Ini 6 Tips Menyimpan Daging Kurban Biar Awet

Ilustrasi untuk cara menyimpan daging kurban supaya awet.--dok : sumeks.co

Banyak Dapat Daging Kurban? Ini 6 Tips Menyimpan Daging Kurban Biar Awet

SUMEKS.CO Idul Adha jadi momen yang paling ditunggu umat muslim di dunia karena ada banyak amal ibadah yang bisa dikerjakan untuk mendulangi pahala.

Selain itu ada penyembelihan hewan kurban yang dagingnya dibagikan kepada warga. Pastinya membuat stok daging dirumah berlebih.

Nah untuk itu sebaiknya mengetahui cara menyimpan daging kurban agar lebih awet meski disimpan dalam jangka waktu yang panjang.

Dirangkum oleh SUMEKS.CO dari berbagai sumber, lantas ini dia cara menyimpan daging kurban.

BACA JUGA:Jangan Bingung, Begini Cara Bedakan Mana Daging Kambing dan Sapi

1. Jangan dicuci

Untuk menjaga agar daging tetap segar dan awet disarankan untuk tidak mencuci daging segar tersebut, karena jika daging dicuci maka akan berpotensi menciptakan penyakit.

Kenapa demikian ini karena air mentah yang mausk dalam daging yang malah akan membuat daging terkontaminasi.

2. Bagi penempatan daging

BACA JUGA:7 Mitos dan Fakta Daging Kambing, Nomor 2 Dapat Meningkatkan Vitalitas Pria

Tips selanjutnya adalah dengan menyimpannya dilemari es atau kulkas agar daging tetap awet, nah selanjutnya adalah dengan membaginya ditempat terpisah atau dibagi menurut kebutuhan.

Misalnya jika untuk dimasak menjadi hidangan tertentu pisahkan setengah kilo atau seperempat daging dalam plastic atau wadah jadi jika ingin dimasak juga akan memudahkan dalam pengambilannya.

3. Giling atau potong daging menjadi lebih kecil

Selanjutnya bisa disimpan dikulkas namun dalam keadaan daging sudah dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil atau juga digiling.

BACA JUGA:Coba Cara Ini, Dijamin Daging Kambing Lembut Tanpa Presto dan Bau Prengus Hilang

Tujuan dari ini agar daging yang tersimpan lebih mudah dan praktis saat ingin menggunakan atau dikeluarkan dari kulkas untuk dimasak atau diolah menjadi hidangan.

4. Simpan dalam wadah dan plastik rapat

Sebenarnya divakum merupakan salah satu cara untuk mengawetkan daging atau makanan namun untuk hal seperti ini tidak semua orang punya alat vakum dan akan merepotkan jika semua stok daging dirumah dibawa ketempat vakum.

Maka dari itu disarankan untuk menyimpan daging dalam wadah atau plastic yang bersih dan yang terpenting adalah tertutup dengan rapat.

BACA JUGA:Ide Resep Olahan Daging Kurban, Tongseng Kambing Enak dan Gurih

5. Perhatikan proses thawing

Daging biasanya disimpan di freezer disarankan untuk dipindahkan dahulu ke chiller atau diluar freezer agar proses thawing atau pencairan dapat berlangsung perlahan dan merata sehingga struktur daging tetap bagus saat ingin diolah .

Proses ini juga memudahkan saat ingin memasak atau mengolahnya karena jika dari freezer dan langsung dimasak maka akan membutuhkan waktu lama menunggunya.

6. Penyimpanan

BACA JUGA:7 Olahan Daging Kambing Praktis dan Dijamin Enak, Cocok Untuk Persiapan Idul Adha

Untuk tempat menyimpan daging kurban dikulkas yang paling bagus memang dengan meletakkannya atau menyimpannya dalam freezer namun sebelumnya biarkan dahulu diluar freezer atau biarkan dahulu daging dingin baru kemudian dimasukkan kembali dalam freezer.

Ini bertujuan agar daging tetap stabil dan bisa lebih empuk, ketika mengalami proses pendinginan yang menyebabkan daging mengalami proses rigormortis.

Jadi disarankan untuk mendinginkan daging terlebih dahulu yang kemudian baru dimasukkan ke frezzer agar lebih awet.

Untuk suhu kulkas dapat berkisar antara 2-5 derajat Celsius agar proses dinginnya merata kesemua bagian daging.

BACA JUGA:Model Gandum Kuah Daging Mang Aman, Hidden Gems di Palembang

Nah itu dia 6 tips dalam menyimpan daging kurban yang tak habis sekali masak agar lebih awet dan juga tetap segar walaupun disimpan dalam waktu yang lama, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: