Pengurus Masjid dan Mushala Di Muara Enim Ikuti Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Pengurus Masjid dan Mushala Di Muara Enim Ikuti Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Pengurus masjid dan mushala di Kabupaten Muara Enim mengikuti pelatihan penyembelihan hewan kurban.--dok : sumeks.co

Pengurus Masjid dan Mushala Di Muara Enim Ikuti Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Ratusan peserta berasal dari pengurus masjid, mushala dan langgar di Tanjung Agung, dan Muara Enim, mengikuti pelatihan penyembelihan hewan kurban di Masjid Jami’ Bukit Asam. 

Pelatihan itu digelar PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. 

Adapun narasumber yang dihadirkan, yaitu Penyuluh Muda KUA Lawang Kidul Ustaz Saidina Ali, drh Rendy dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Muara Enim, dan Juru Sembelih Halal Tanjung Enim Ustadz Zarkoni.

Mustafa Kamal, yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha 1444 H PT BA, menyampaikan bahwa pelatihan ini ditujukan bagi pengurus masjid/musala/langgar yang akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

BACA JUGA:Pengurus Masjid dan Mushala Di Muara Enim Ikuti Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

“Harapannya para peserta mampu melaksanakan penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam. Begitu juga dari segi kesehatan hewannya, dapat mengikuti standarisasi yang benar,” ujar Mustafa.

Mewakili manajemen PTBA, Mustafa sangat mengapresiasi setiap masjid/musala/langgar di sekitar perusahaan yang melaksanakan kegiatan kurban.

"Bukit Asam hadir untuk menambah wawasan, agar para peserta lebih paham tentang hakikat dari kurban ini sendiri hingga sistem pendistribusian daging kurban,” ungkapnya, dikutip enimekspres.bacakoran.co, Rabu 21 Juni 2023.

Koordinator Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban 1444 H PTBA, M Alfajrin menjelaskan bahwa Bukit Asam pada tahun 2022 juga melaksanakan pelatihan serupa.

BACA JUGA:Polres Muara Enim Lakukan Patroli Jam Rawan Angkutan Batubara Melintas

“Ini merupakan kontribusi perusahaan terhadap masyarakat yang ada di wilayah Tanjung Enim dan sekitarnya,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan dibagi menjadi 3 sesi, yaitu 2 sesi teori dan 1 sesi praktik langsung penyembelihan hewan kurban. Pertama, teori tentang syariat secara agama, fikih dan hukum-hukum dalam kurban. Materi ini disampaikan oleh Penyuluh dari KUA Lawang Kidul.

Materi kedua yaitu tentang kesehatan dan penyakit-penyakit yang ada pada hewan kurban, disampaikan oleh dokter hewan dari Dinas TPHP Muara Enim. Kemudian yang ketiga adalah praktik tata cara penyembelihan, dilakukan oleh perwakilan dari organisasi Juru Sembelih Halal Tanjung Enim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: