Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing

Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing

Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing.--

Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) tingkat Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten PALI di Hotel Griya Sintesa, Muara Enim, Jumat 16 Juni 2023

Rapat Timpora kali ini bertemakan "Pengawasan Orang Asing dan Penjamin Pada Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim".

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel, Herdaus dalam sambutannya mengajak seluruh anggota Tim PORA Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten PALI  untuk dapat bersinergi dalam hal pengawasan orang asing berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing instansi serta menyampaikan bahwa Tim PORA merupakan suatu wadah untuk dapat saling tukar menukar informasi terkait antar instansi dan berkolaborasi dalam hal pengawasan orang asing.

"Instansi dalam anggota Tim PORA juga harus jeli dalam bertindak tidak hanya lugas dan tegas namun juga mengedepankan aspek humanis dalam menyikapi permasalahan orang asing jika terjadi dikemudian hari," kata Herdaus.

BACA JUGA:Bus Putra Rafflesia Tujuan Solo Bengkulu Masuk Jurang di Jalan Lintas Lahat, Nasib Penumpang?

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah SH dalm hal ini diwakili oleh Kadisnakertrans Kabupaten Muara Enim Herawati mengatakan, kegiatan ini sangat penting, kegiatan ini merupakan wujud  peningkatan pengawasan orang asing yang jika dilaksanakan dengan baik dapat meningkatkan sinergitas kepada masing-masing instansi dalam hal pengawasan orang asing. 

Herawati juga menyampaikan bahwa banyak perusahaan yang menjadi penjamin TKA di Muara Enim, maka dari itu diperlukan adanya pendampingan TKA yang mana telah membawa dampak positif dari segi pendapatan daerah yaitu meningkatkan pendapatan daerah berupa PNBP ke kas negara berupa retribusi TKA berdasarkan RPTKA.

Di tempat yang berbeda Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengapresiasi jalannya Rapat Koordinasi Tim PORA tingkat Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten PALI hari ini, diharapkan Rapat Koordinasi Tim PORA dapat mendukung iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Pali.

BACA JUGA:Kuota Haji Babel Tahun 2023 Ditambah Sebanyak 79 Orang, Kemenkumham Sumsel Siap Berikan Layanan Terbaik

Menurut Ilham dengan sinergi yang baik diharapkan kinerja Tim Pora meningkat, sehingga pengawasan orang asing di Kabupaten Muara Enim dan Pali, berjalan sesuai ketentuan.

Rakor Tim PORA kali ini dihadiri oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Muara Enim  Herawati dalam hal ini mewakili Plt. Bupati Muara Enim, Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Herdaus, Kabid Inteldakim Muhammad Novriandi, Kabid Zinfokim Junior Marerep Sigalingging, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim Misnan dan Kepala Seksi Inteldakim Machmudi, serta 27 peserta undangan yang terdiri dari 11 Instansi anggota Tim PORA Kabupaten PALI, 16 Instansi anggota Tim PORA Kabupaten Muara Enim l. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: