WAJIB DICOBA! Kelapa Bisa Diteksi Mata Air, Ahli Geologi Bilang Begini

WAJIB DICOBA! Kelapa Bisa Diteksi Mata Air, Ahli Geologi Bilang Begini

--

WAJIB DICOBA! Kelapa Bisa Diteksi Mata Air, Ahli Geologi Bilang Begini

SUMEKS.CO - Sebelum menggali sumur ataupun sumur bor, terlebih dahulu ditentukan titik yang akan digali. Namun dalam menentukan titik tersebut, ada beberapa kebiasaan masyarakat di Indonesia. Salah satunya yang lagi viral di media sosial, menggunakan buah kelapa untuk mencari mata air. 

Dalam video yang viral di media sosial itu, seorang pria mengupas kelapa. Pria itu membuang serabut kelapa. Namun bagian atas dibiarkan tetap berserabut. Setelah dianggap selesai, kemudian proses pencarian pun dimulai. 

Dalam video diungga oleh akun TikTok berbagi_Ilmu itu, seorang pria meletakan kelapa di atas telapak tangan kanannya. Kemudian pria itu secara acak mencari titik yang diyakini menjadi sumber mata air.

BACA JUGA:Uniknya Tari Busik Sanggar Poejang Toean Laoe dari Kabupeten PALI

Tidak beberapa lama, kelapa di talapak tangan yang awalnya dalam posisi miring, tiba-tiba berdiri. 

Ternyata kelapa itu berdiri menjadi petunjuk bola di titik itulah terdapat sumber mata air. Aksi serupa di ulangi dua pria lainnya. Kejadian sama pun terulang

"Ini cara untuk mencari mata air. Lihat nih bukan sulap, bukan sihir. Tapi ini nggak tahu ilmu dari mana ini ya. Tu tu percaya nggak, itu berdiri berdiri batok kelapa, berdiri. Bukan sulap bukan sihir," kata seseorang dalam video tersebut. 

Video itu pun mendapat komentar beragam warga net. Salah satu komentar warga net "Itu sudah lama dipraktekin turun temurun, memang benar kok,"tulis akun masbayu969. 

BACA JUGA:Warung Nasi Unik, Transaksi Pembeli Lewat Lubang Kecil Terhalang Tembok Tinggi dan Makanan Terpaksa Dilempar

Terkait video itu, Dosen Geologi Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta Eko Teguh Paripurna berpendapat, metode tersebut bisa jadi benar adanya. Eko mengakui sudah beberapa kali menerima video serupa, metode tersebut dapat diaplikasikan. 

"Menurut pendapat saya, benar adanya. Kalau memang metode tersebut terbukti dapat digunakan mencari sumber mata air. 

Eko menyebutkan metode itu merupakan pengetahuan atau kearifan lokal yang perlu dirunut asal mulanya, kemudian dikembangkan. Jika metode itu berhasil dikembangkan dan Dilakukan banyak orang, maka hal itu dapat digunakan Untuk menjawab permasalahan air. 

Namun, Eko belum mngetahui penjelasan ilmiah mengapa kelapa itu bisa berdiri saat berada di titik sumber mata air. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: