Suhu di Mekkah Capai 42 Derajat, Ini Tips Jitu Hindari Kelelahan Khusus untuk Jemaah Haji Lansia dan Risti

Suhu di Mekkah Capai 42 Derajat, Ini Tips Jitu Hindari Kelelahan Khusus untuk Jemaah Haji Lansia dan Risti

Saat ini suhu di Mekkah yang cukup panas berkisar 31 hingga 42 derajat celcius.--

Suhu di Mekkah Capai 42 Derajat, Ini Tips Jitu Hindari Kelelahan Khusus untuk Jemaah Haji Lansia dan Risti

SUMEKS.CO - Jemaah haji asal Indonesia sebagian besar terdiri dari para jemaah lanjut usia (Lansia) dan memiliki risiko tinggi (Risti). 

Banyak hal yang harus diperhatikan oleh para jemaah haji yang masuk kategori Lansia dan Risti. Terlebih pada saat menghadapi suhu di Mekkah.

Dimana, pada saat ini suhu di Mekkah yang cukup panas berkisar 31 hingga 42 derajat celcius. Tentunya, ini sangat mempengaruhi fisik para jemaah.

BACA JUGA:TERNYATA! Ada Campur Tangan Belanda Dibalik Pemberian Gelar Haji di Indonesia

Karenanya, khususnya jemaah Lansia dan Risti diimbau untuk menjaga kesehatannya dengan baik. Salat bisa memanfaatkan musala dan masjid di sekitar hotel. 

Khususnya salat lima waktu, jemaah Lansia dan Risti hendaknya dapat memanfaatkan musala hotel atau masjid di sekitar hotel, agar terhindar dari kelelahan.

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat, Akhmad Fauzin mengatakan, salat di musala dan masjid sekitar hotel memiliki keutamaan.

"Selain itu salat disana juga memiliki pahala yang sama bila salat di Masjidil Haram," katanya melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 13 Juni 2023.

BACA JUGA:MASYAALLAH! Inilah Tanda-Tanda Haji Mabrur

Fauzin menambahkan, bahwa pelipatgandaan pahala di Tanah Haram Mekkah ini tidak dikhususkan hanya di Masjidil Haram saja.

"Akan tetapi, mencakup semua Tanah Haram, dan semua hotel jemaah haji Indonesia berada di Tanah Haram," sambungnya.

Lalu, bagi jemaah Lansia dan Risti yang akan melaksanakan umroh wajib, sebaiknya tidak memaksakan diri umroh wajib di momen terik siang hari.

"Kemudian juga pada saat momen dengan tingkat kepadatan tinggi di Masjidil Haram, utamanya bersamaan dengan waktu salat berjamaah," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: