Menkop Teten Ajak Mahasiswa Jadi Enterpreneur Milenial

Menkop Teten Ajak Mahasiswa Jadi  Enterpreneur Milenial

KemenKopUKM mengajak mahasiswa khususnya dari ITB untuk menjadi entrepreneur milenial.--

Menkop Teten Ajak Mahasiswa Jadi  Enterpreneur Milenial

BANDUNG, SUMEKS.CO - Sebagai upaya mengakselerasi Indonesia menjadi negara maju, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) mengajak mahasiswa khususnya dari ITB untuk menjadi entrepreneur milenial.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan untuk menjadi negara maju salah satu syaratnya yaitu rasio kewirausahaan minimal 4 persen dari total penduduk suatu negara. 

Tingkat rasio kewirausahaan Indonesia saat ini masih tertinggal dibandingkan Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan lainnya yang sudah berada di atas 4 persen.

Perlu diketahui, saat ini generasi muda khususnya lulusan perguruan tinggi perlu menjadi seorang job creator, bukan lagi menjadi job seeker.

BACA JUGA:10 Tanggal Lahir Ini Dilindungi Khodam Eyang Semar, Segera Dihampiri Kesuksesan Besar

Untuk itu pemerintah menargetkan di tahun 2024 mendatang rasio kewirausahaan nasional menjadi 3,95 persen dan penumbuhan wirausaha baru sebesar 4 persen.

"Kita ingin menyiapkan entrepreneur baru terutama dari kalangan terdidik salah satunya dari mahasiswa di kampus ITB. Kita ingin kampus menjadi inkubator, sehingga sejak mahasiswa sudah bisa dipersiapkan agar mereka punya rencana bisnis dan didampingi terus usahanya, sehingga begitu lulus sudah punya usaha," kata Teten,saat menyampaikan Kuliah Umum dengan tema Kebijakan Pemerintah Bagi Pengembangan Kewirausahaan Millenial di Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Senin 12 Juni 2023. 

Dia, menambahkan bahwa pelaku UMKM khususnya dari kalangan terdidik harus mulai merintis usaha dengan berbasis potensi domestik dan berbasis teknologi.

Dengan dua modal dasar ini akan menjadikan produk UMKM yang diciptakan lebih memiliki daya saing yang tinggi. Terlebih jika produknya berdasarkan hasil riset dan pengembangan.

BACA JUGA:CATAT! Ini Syarat Terbaru Naik Kereta Api Per 12 Juni 2023

Jadi kalau mau memulai bisnis semua harus berbasis digital mulai dari pencatatan hingga proses produksi, semua perlu didigitalisasikan karena dalam perkembangannya bukan lagi aset tapi rekam jejak digital usaha.

Jadi semakin sehat akan semakin mudah mendapatkan modal usaha.

Untuk mengakselerasi peningkatan rasio kewirausahaan ini,  pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: