Tahlilan Orang Meninggal Dibilang Bid'ah, Ustaz Abdul Somad Tampar Pakai Dalil Sampai Tak Bersuara

Tahlilan Orang Meninggal Dibilang Bid'ah, Ustaz Abdul Somad Tampar Pakai Dalil Sampai Tak Bersuara

Ustaz Abdul Somad berikan jawaban menohok kepada orang yang suka mengatakan tahlil kepada orang yang sudah meninggal itu bid'ah dan tak ada dalilnya.--

Tahlilan Orang Meninggal Dibilang Bid'ah, Ustaz Abdul Somad Tampar Pakai Dalil Sampai Tak Bersuara 

SUMEKS.CO - Menohok, jawaban Ustaz Abdul Somad saat ditanya dalil tentang tahlilan kepada orang yang sudah meninggal, bikin kelompok yang suka membid'ahkan terbungkam tanpa suara.

Ulama sekaligus pendakwah, Ustaz Abdul Somad berikan jawaban menohok kepada orang yang suka mengatakan tahlil kepada orang yang sudah meninggal itu bid'ah, dan tak ada dalilnya.

Secara tegas, Ustaz Abdul Somad menunjukkan dalil dan pandangan ulama kalangan salaf yang menyatakan tahlilan itu boleh dan tak dilarang dalam Islam.

BACA JUGA:Sedekah Tahlil Orang Mati Disebut Tradisi Hindu, Ustaz Abdul Somad Kasih Paham Biar Sadar

Dikutip dari kanal youtube @maknahidup, yang ditayangkan pada 30 Mei 2020 lalu, dengan judul "Adakah dalil tentang tahlilan? Begini jawaban UAS,".

Dalam unggahan tersebut, Ustaz Abdul Somad ditanya oleh satu jemaahnya mengenai dalil, melakukan tahlil kepada orang yang sudah meninggal.

"Adakah dalil yang menjelaskan tentang dalil tahlilan?," kata Ustaz Abdul Somad membacakan pertanyaan dari jemaahnya.

Lantas, Ustaz Abdul Somad langsung membaca kalimat tahlil "Lailahaillallah" sebanyak tiga kali. Dan membaca tahmid, dan takbir.

BACA JUGA:Astaghfirullah! Panji Gumilang Samakan Nyanyian Nasrani Haleluya Dengan Tahlilan, Warganet: Tambah Mblangsak

"Siapa yang mengucapkan tahlil, kemudian tahlil itu dihadiahkan kepada mayit maka pahala itu sampai dan orang yang mati itu mendapat manfaat," kata Ustaz Abdul Somad.

Dijelaskan Ustaz Abdul Somad, dalil tersebut diambilnya dari ulama salaf yakni Ibnu Taimiyah, yang ditulisnya dalam kiyab Majmu' Fatawa Ibnu Taimiyah.

Alasan Ustaz Abdul Somad mengambil pendapat dari Ibnu Taimiyah dikarenakan, orang yang banyak melarang talilan dari kalangan pengikut atau pemahamannya Ibnu Taimiyah.

Padahal, Ibnu Taimiyah sendiri memperbolehkan seseorang untuk melakukan tahlilan karena diyakini setiap bacaan akan sampai kepada orang yang sudah meninggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: