WADUH! Panji Gumilang Sebut Tanah Suci yang Sesungguhnya adalah Indonesia, Bukan Mekkah dan Madinah

WADUH! Panji Gumilang Sebut Tanah Suci yang Sesungguhnya adalah Indonesia, Bukan Mekkah dan Madinah

Panji Gumilang sebut tanah suci sesungguhnya bukan Mekkah atau Madinah melainkan Indonesia.--

WADUH! Panji Gumilang Sebut Tanah Suci yang Sesungguhnya adalah Indonesia, Bukan Mekkah dan Madinah

SUMEKS.CO - Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu, Panji Gumilang, menyebut bahwa tanah suci yang sebenarnya bukanlah Mekkah dan Madinah melainkan Indonesia.

Ucapan  Panji Gumilang mengenai hal tersebut, menjadi viral di media sosial lantaran banyaknya akun yang mengunggah ucapan Syaikh Panji Gumilang tersebut.

"Banyak orang Indonesia hari ini yang salah memahami mengenai tanah suci. Indonesia ini tanah suci, hidup dan matimu harus di tanah suci Indonesia," katanya dikutip dari akun Snack Video @a'am BNF.

BACA JUGA:GEGER! Panji Gumilang Usulkan Hapus Kolom Agama di KTP, Sebut Tak Sesuai dengan Pancasila

Banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak memahami bahwa Indonesia merupakan tanah suci, menurut Syaikh Panji Gumilang, hal tersebut dikarenakan masyarakat Indonesia tidak pernah membaca lagu kebangsaannya sendiri.

"Banyak yang salah memahami tanah suci, karena tidak membaca lagu kebangsaannya," ujarnya.

Ditambahkan Syaikh Panji Gumilang, untuk ke Mekkah dan Madinah harus membayar lebih dari Rp 35 juta dalam rangka berhaji maupun umroh. Kemudian, masyarakat Indonesia juga berkeinginan untuk meninggal di tanah suci Mekkah dan Madinah.

"Mau tahu anak-anakku, orang yang mati di Mekkah atau Madinah itu dibiarkan begitu saja. Mau yang begitu kok harus bayar Rp 35 juta?," katanya lagi.

BACA JUGA:Waduh! Ditengah Kontroversi Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang Malah Mau Bangun Gedung 25 Lantai? Warganet Tepo

Dalam kesempatan tersebut, Syaikh Panji Gumilang juga menyebutkan isi dari lagu kebangsaan Indonesia Raya stanza tiga. Dimana, di salah satu syairnya menyebut bahwa Indonesia Tanah yang Suci.

"Indonesia adalah tanah yang suci, dan ini tidak keluar dari ajaran agama," tutupnya.

Unggahan video berdurasi 59 detik ini sudah ditonton lebih dari 47.000 kali oleh para netizen. Postingan ini juga mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Ini orang sudah meyimpang , berbahaya untuk generasi bang sa ,harus di bubar kan," ujar @b***.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: