Ikuti Pelatihan Kewirausahaan, 70 Pelaku UMKM Dapatkan Sertifikasi Halal dan NIB

Ikuti Pelatihan Kewirausahaan, 70 Pelaku UMKM Dapatkan Sertifikasi Halal dan NIB

PELATIHAN : staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Amrullah Jamaludin menyerahkan sertifikasi halal dan nib kepada pelaku UMKM.--

Ikuti Pelatihan Kewirausahaan, 70 Pelaku UMKM Dapatkan Sertifikasi Halal dan NIB

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dalam mengelola usaha secara profesional, Pemkab Muara Enim menggelar pelatihan untuk 70 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Hotel Grand Zury Muara Enim, Kamis 25 Mei 2023.

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Pelaku Mikro Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten  Muara Enim (UMKM) Tahun Anggaran 2023 dibuka oleh Bupati Muara Enim yang diwakili staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Amrullah Jamaludin didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muara Enim Husin Aswadi, para narasumber, kepala OPD Muara Enim dan 70 peserta pelaku UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muara Enim Husin Aswadi, mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan wawasan dan meningkatkan kapasitas suatu usaha dalam mengelola usaha secara profesional agar bisa berkembang serta meningkatkan produktivitas dan daya saing pelaku UMKM dilakukan sehingga dapat membentuk wirausaha yang kreatif.

Dikatakan Husin, untuk peserta pelaku UMKM sebanyak 70 orang. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 25-27 Mei 2023 di Hotel Grand Zury Muara Enim.

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Ikuti Pra Evaluasi Zona Integritas Menuju WBBM dari KemenPAN-RB

"Hari ini kita menyerahkan sertifikat halal dan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada pelaku UMKM sehingga akan semakin giat berusaha dan terjamin," ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Amrullah Jamaludin, mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UMKM ini, dan mudah-mudahan maksud dan tujuan dari kegiatan ini benar-benar tercapai.

Kepada nara sumber untuk bisa membagikan pengetahuan dan pengalamannya kepada peserta, begitupun sebaliknya kepada peserta untuk serius dan manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Untuk itu, lanjut Amrullah, kepada semua pihak untuk focus dan serius memajukan UMKM sebab pada resesi ekonomi terbukti hanya UMKM yang bisa bertahan sedangkan perusahaan besar banyak yang ambruk, sebab UMKM memanfaatkan keunggulan di tempat masing-masing.

BACA JUGA:Modus Baru, Berpura-pura Bantu Korban Tawuran, 2 Remaja di Palembang Malah Rampas Motor Warga

Saat ini, di Kabupaten Muara Enim telah didirikan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) Serasan Sekundang milik Pemkab Muara Enim.

Dimana salah satu tujuan pendirian BPR tersb untuk membantu memfasilitasi  UMKM awalnya, namun setelah berjalan sepertinya ada pergeseran.

"Memang rata-rata persoalan UMKM adalah modal, namun sebenanrnya modal utama adalah kemauan. Sebab banyak jalan menuju Roma jika kita bertekad dan berusaha, karena didunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Saya minta BPR bisa lebih peka lagi terhadap nasib UMKM," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: