5 Tanda Rumah Tak Akan Dimasuki Malaikat, Nomor 1 dan 2 Banyak yang Mengabaikannya

5 Tanda Rumah Tak Akan Dimasuki Malaikat, Nomor 1 dan 2 Banyak yang Mengabaikannya

5 ciri-ciri rumah yang tak akan di datangi malaikat.--

BACA JUGA:Ustaz Abdul Somad Ajak Umat Bertobat, 5 Tanda Kiamat Sudah Terjadi, Yuk Disimak

“Malaikat tidak akan masuk ke rumah yang terdapat anjing dan lukisan.”  

Dalam riwayat yang lain juga disebutkan, Rasulullah pernah bersabda, “Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat lukisan (gambar), anjing, dan orang yang junub.”

3. Rumah yang kotor dan bau

Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang suci dan mencintai kebersihan. Rumah yang kotor dan bau maka akan dijauhi malaikat. Karena dalam Islam, kebersihan merupakan sebagian dari iman.

BACA JUGA:Muncul Tanda Ini? Gus Baha Imbau Bertobatlah, Ajal Sudah Dekat

Imam Muslim juga menguatkan pendapat tersebut dengan hadis yang berbunyi, “Siapa saja yang memakan pohon yang tidak sedap ini janganlah mendekati masjid kami. Sesungguhnya malaikat akan merasa sakit karena aroma yang tidak sedap ditimbulkan dari suatu rumah,” (HR Muslim).

4. Rumah yang tak pernah dibacakan Al Quran

Tempat tinggal yang tak pernah dibacakan ayat suci Al-Qur'an membuat malaikat akan menjauh dari rumah itu. Menjauhnya malaikat disebabkan tak ada sedikitpin keberkahan yang datang karena penghuninya tak pernah membaca atau memperdengarkan Al Quran di dalam rumah tersebut.

Sebagaimana yang sudah tercantum dalam hadis riwayat Ibnu Sirin, "Sesungguhnya, rumah yang di dalamnya dibacakan Alquran, maka lapanglah penghuninya, banyak kebaikan, malaikat menghadirinya dan setan-setan meninggalkannya,"

BACA JUGA:INGAT! Diusia Ini Malaikat Maut Sudah Sampaikan Pesan, Manusia Seringkali Abai, Apa Pesannya?

"Sebaliknya, rumah yang tak dibacakan Al Quran, maka sempitlah penghuninya, sedikit kebaikannya, malaikat meninggalkannya dan setan-setan mendekatinya." (HR. Ibnu Sirin)

5. Tak pernah bersedekah

Ciri selanjutnya rumah yang tidak dimasuki malaikat yakni penghuni rumah jarang bersedekah. Jika rumah ingin dimasuki malaikat, maka jangan pernah sayang menyisihkan sebagian harta untuk membantu sesama dan bersedekah. 

Disebutkan dalam sebuah hadist bahwa, malaikat akan merahmati orang yang bersedekah. Selain itu, malaikat juga akan mendoakan rumah beserta penghuninya agar diberikan keberkahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: