1.120 Personel Gabungan Siap Hadapi Karhutla, Kapolda Sumsel: Perlu Sinergi Bersama

1.120 Personel Gabungan Siap Hadapi Karhutla, Kapolda Sumsel: Perlu Sinergi Bersama

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo Apel Kesiapan Personil dan Peralatan dalam rangka penguatan Kapasitas Kawasan untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla. Foto: dokumen/sumeks.co --

1.120 Personel Gabungan Siap Hadapi Karhutla, Kapolda Sumsel: Perlu Sinergi Bersama

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK mendampingi Gubernur Sumsel H Herman Deru memimpin langsung Apel Kesiapan Personel dan Peralatan dalam rangka penguatan Kapasitas Kawasan untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kabakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumsel Tahun 2023. 

Apel Kesiapsiaan Bencana Karhuta tersebut digelar di Halaman Griya di Agung Palembang, Rabu (17/5).

“Peralatan, kemampuan personel, metode cara bertindak dan dukungan anggaran masing-masing instansi perlu disinergikan bersama agar dapat dicapai suatu tindakan yang efektif,” kata Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK.

Semua peralatan yang didukung kemampuan taktis teknis personel yang tinggi, tidak berarti bilamana api sudah membesar. 

BACA JUGA:Pj Bupati Apriyadi Mahmud Ikuti Apel Karhutlah, Muba Masih Terpantau Zero Hotspot Karhutlah

“Sosialisasi kan pencegahan terjadinya Karhutla, tingkatkan deteksi adanya api, dan padamkan sejak api masih kecil,” ungkap Kapolda.

Dalam apel kesiapan siagaan bencana kali ini melibatkan 1.120 personel terdiri dari TNI/Polri, Dinas Perkebunan, Dinas Kehutanan, Dinas Sosial, Dinas Pehubungan, BPBD, Satpol PP, Damkar, Kwarda Pramuka, Dinas Kesehatan, Ketua RPK Sinarmas Group, Balai PPI Karhutla Wilayah Sumsel serta Dinas dan Instansi terkait lainnya.

Herman Deru mengatakan apel kesiapsiagaan ini merupakan tidak lanjut dari status siaga darurat Karhutla yang sudah ditetapkan Pemprov Sumsel  pada pertengahan  Maret 2023 lalu. 

Dimana dalam pencegahan dan kesiapsiagaan ini semua elemen diajak untuk tetap bersiaga. 

BACA JUGA:Sosialisasi Pencegahan Karhutla, Babinsa Koramil Gunung Megang Sambangi Warga

"Alhamdulillah semua pihak peduli terhadap penanganan karhutla ini. Sejak tahun 2020, 2021 dan 2022. Insya Allah tahun 2023 ini kita bisa mengendalikan karhutla sehingga asap tidak menyebar khususnya ke Ibukota Provinsi Sumsel, dimana di situ banyak objek vital lalulintas udara," harapnya.

Untuk itu Herman Deru mengapresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat k dalam pencegahan  karhutla.

Tidak hanya itu saja, Herman Deru mengatakan dalam penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan Kesiapsiagaan penanggulangan bencana Karhutlah BNPB juga memberikan dukungan dengan bantuan helikopter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: