OKI Gelar Pilkades Serentak Bulan Juni, ini Nama Desa-Desanya

OKI Gelar Pilkades Serentak Bulan Juni, ini Nama Desa-Desanya

Rudi Kurniawan. foto: niskiah sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Calon Kepala Desa (Kades) pada pemilihan kades (Pilkades) pada Juni 2023 ini di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) siap bertarung. 

Pasalnya, untuk nomor urut dan penetapan calon Kades telah diumumkan dan disampaikan ke Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten OKI. 

"Untuk pengundian nomor urut dan penetapan calon Kades sudah kita terima dari panitia. Mereka telah melaksanakannya kemarin," kata Kepala Dinas PMD Kabupaten OKI Ari Mulawarman SSTP melalui Kabid Pemerintahan Desa dan Kelembagaaan Rudi Kurniawan SE kepada SUMEKS.CO, Rabu 17 Mei 2023. 

Rudi menjelaskan, dimana tahun ini dalam pelaksanaan Pilkades ada sebanyak 56 desa dari 16 kecamatan di Kabupaten OKI. Hanya 2 kecamatan saja yang tidak menyelenggarakan pilkades yakni Kecamatan Mesuji dan Mesuji Raya. BACA JUGA:Biaya Pilkades Serentak di 17 Desa Kabupaten PALI Ditanggung Pemkab

Lanjutnya, setelah tahapan pengundian nomor urut dan penetapan calon Kades maka untuk tahapan selanjutnya adalah penyampaian berkas tahap II dari Camat kepada Bupati melalui dinas PMD. 

Termasuk penyampaikan rencana jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiap Desa. Serta Daftar Pemilih Sementara (DPS). 

"Tahapan ini dijadwalkan disampaikan mulai hari ini hingga lusa yakni 19 Mei," ujarnya.

Diterangkan Rudi, untuk tahapan penyampaian visi dan misi dari calon Kades dijadwalkan mulai 20 Mei 2023 hingga 5 Juni 2023.

Lalu untuk masa kampanye dimulai 14-16 Juni mendatang. Setelah itu ada masa tenang selama 3 hari yakni mulai 17-20 Juni 2023. Kemudian di 26 Juni 2023 dijadwalkan pelaksanaan pemungutan suara. 

Untuk diketahui, seperti di Kecamatan SP Padang ada 3 desa yang melaksanakan Pilkades yakni Desa Terate, Belanti dan Desa SP Padang. Dengan calon Kades masing masing desa 2 calon. 

BACA JUGA:Tahapan Pilkades di OKI, Panitia Rencanakan Daftar Pemilih Sementara

Lalu di Kecamatan Lempuing Jaya ada 2 Desa yang melaksanakan Pilkades yaitu Desa Suka Maju dan Desa Tanjung Sari 1. Untuk calon Kadesnya juga masing masing Desa 2 calon. 

Kemudian di Kecamatan Pangkalan Lampam ada 5 desa yang melaksanakan Pilkades. Terdiri dari Desa Air Rumbai, Sukaraja, Riding, Air Perdara dan Sukadamai. Untuk calon Kadesnya juga masing masing 2 Calon. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: