INFO TERBARU, 2 Bibit Siklon Muncul di Samudra Hindia, BMKG: Hujan Lebat Guyur Indonesia hingga Pekan Depan

INFO TERBARU, 2 Bibit Siklon Muncul di Samudra Hindia, BMKG: Hujan Lebat Guyur Indonesia hingga Pekan Depan

Hujan Lebat masih akan mengguyur kota di Indonesia. Fenomena ini disebabkan ada 2 bibit siklon di Samudra Hindia.-foto:mia-

Indikasinya curah hujan diberbagai wilayah Indonesia kembali meningkat.Menurut pengamat, bulan Mei sudah memasuki musim kemarau ditambah prediksi  wilayah Indonesia akan terjadi fenomena El Nino.

El Nino sendiri merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML), sedangkan El Nina fenomena Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan.

BACA JUGA:Tak Berkutik! Egianus Kogoya Bertekuk Lutut Kepada Prajurit TNI-Polri Ingin Menyerah, Tak Kuat Digempur?

Sedangkan La Nina Modoki  sendiri merupakan pembentukan tripole atau tiga lokasi yang mengalami anomali suhu.aitu, cuaca hangat pada wilayah barat dan timur namun dingin dibagian tengah.

"La Nina Modoki Pengamatan terkini anomali suhu di Samudra Pasifik menunjukkan fitur La Nina Modoki, bukan El Nino. Apalagi dg maraknya badai vorteks yg berpotensi terus tumbuh menjadi siklon tropis,

maka El Nino bisa saja tertunda bahkan gagal terbentuk," ujar Peneliti Klimatologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin, via akun Twitter, Sabtu (29/4).

Fenomena La Nina Modoki bisa terjadi di wilayah Indonesia karena bagian Timur Indonesia (Papua) dan negara Peru mengalami kehangatan sedangkan bagian tengah mengalami kedinginan.(*)

BACA JUGA:TOP NEWS, Prihatin Warganya Kelaparan, Bupati Puncak Sampai Minta Tolong, Orang Bawa Senjata Jaga Aman Papua!

BACA JUGA:KOTA Ini Terdampak Bibit Siklon Tropis Aktif, Waspada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter dan Angin Kencang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: