Opening Ceremony SEA Games 2023 Kamboja, Kontingen Indonesia Menggunakan Pakai Adat Bali

Opening Ceremony SEA Games 2023 Kamboja, Kontingen Indonesia Menggunakan Pakai Adat Bali

-AFP/TANG CHHIN SOTHY-

Opening Ceremony SEA Games 2023 Kamboja, Kontingen Indonesia Menggunakan Pakai Adat Bali

SUMEKS.CO - Opening Ceremony atau pembukaan SEA Games 2023 digelar pada  hari Jumat 5 Mei 2023 pukul 19.00 WIB di Stadion Marodok Techno, Phom Penh, Kamboja dan disiarkan live di TVRI.

Opening SEA Games Kamboja kali ini mengusung tema perdamaian. Seperti jargon SEA Games 2023 yakni "Olahraga, Hidup dalam damai".

Opening Ceremony SEA Games 2023 berada di kota Phnom Penh, Kamboja. SEA Games 2023 merupakan edisi ke 32, diikuti oleh seluruh negara ASEAN dan mempertandingkan 36 cabor. 

Kontingen Indonesia menggunakan pakaian adat Bali saat defile dalam upacara pembukaan SEA Games 2023. Indonesia secara langsung memperkenalkan kebudayaan Bali pada Opening Ceremony kali ini.

BACA JUGA:Astaghfirullah! Alat Pengeras Suara Masjid Baitur Rahman di Gasak Maling

Dikutip dari berbagai sumber, kontingen Indonesia menggunakan pakaian adat Bali karena kota Bali akan menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games 2023.

Pada pagelaran kali ini, perenang putri, Flairene Candrea Wonomoharjo, memimpin kontingen Indonesia sebagai pembawa bendera Merah Putih pada barisan terdepan.

Pada defile pembukaan kontingen Indonesia diikuti 45 orang, terdiri 25 atlit dan ofisial, serta 15 perwakilan dari tim CdM serta Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

Pada defile pembukaan SEA Games Indonesia berada di posisi kedua, difile pertama dari negara Brunei Darussalam dan untuk tuan rumah, Kamboja berada di posisi terakhir pada difile pembukaan SEA Games 2023.

BACA JUGA:Jangan Kaget Tarif Tol Medan-Binjai Segera Dinaikkan, Begini Alasannya Penyesuaian Tarif

kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 mengirim sebanyak 599 atlet dan mengikuti 31 cabang lomba (cabor). Jumlah atlet kali ini mengalami kenaikan sebanyak 100 atlet jika dibandingkan edisi sebelumnya.

Pada SEA Games 2023, lebih dari 11.000 atlet, pelatih, dan delegasi dari negara peserta akan datang ke Kamboja. Total, ada 36 cabang olahraga yang dipertandingkan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: