Bukan Hanya Sebagai Penghias, ini Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan

Bukan Hanya Sebagai Penghias, ini Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan

Ilustrasi. --

Sebuah studi dari Universitas Pertanian Norwegia menemukan bahwa tanaman dalam ruangan mengurangi risiko kulit kering, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk kering.

BACA JUGA:Mengenal Tanaman Porang, Komoditas Ekspor yang Mulai Dilirik Petani di Sumsel

Penelitian lain menunjukkan bahwa kelembaban absolut yang lebih tinggi dapat mengurangi kelangsungan hidup dan penyebaran virus flu.

3. Tanaman hias efektif membersihkan polutan

Udara di dalam ruangan belum tentu bebas dari polutan. Polusi udara dalam ruangan dapat meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung iskemik, stroke, penyakit paru-paru kronis, infeksi saluran pernapasan pada anak-anak, dan kanker paru-paru.

Penelitian yang dilakukan oleh badan antariksa AS (NASA) telah menemukan bahwa tanaman memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Daun dan akar tanaman berperan dalam menghilangkan uap beracun tingkat rendah dari dalam gedung yang tertutup rapat.

4. Mempercepat penyembuhan

BACA JUGA:Program Matching Fund Kemdikbudristek, Merubah Tanaman Kelapa Sawit Tak Produktif Bisa Dijadikan Mebel

Membawa bunga atau tanaman saat menjenguk pasien di rumah sakit mungkin terdengar klise, namun tanaman dikenal ampuh untuk membantu pemulihan pasien pasca operasi. 

Satu studi merekomendasikan tanaman itu sebagai obat pelengkap yang tidak invasif, murah, dan efektif untuk pasien bedah.

Teknik lain untuk mempercepat waktu pemulihan adalah terapi hortikultura dimana pasien diminta untuk merawat tanaman. Diketahui bahwa pasien pasca operasi yang melakukan interaksi fisik dengan tanaman memiliki masa pemulihan yang jauh lebih cepat.

5. Meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan produktivitas

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa belajar atau bekerja di lingkungan di mana tumbuhan dapat memberikan efek yang cukup dramatis. 

BACA JUGA:5 Tanaman Hias yang Menarik Keberuntungan dan Rejeki

Penelitian dari Norwegian University of Life Sciences menemukan bahwa berada di sekitar tanaman dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan produktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: