Bukan Hanya Sebagai Penghias, ini Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan

Bukan Hanya Sebagai Penghias, ini Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan

Ilustrasi. --

SUMEKS.CO - Tanaman hias bukan hanya untuk mempercantik ruangan dan sebagai dekorasi. Tetapi nyatanya tanaman hias juga memiliki sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan lingkungan. 

Trend tanaman hias memang tidak ada matinya, berkembang dari tahun ke tahun, peminat tanaman hias terus bertambah dan berkembang luas.

Untuk diketahui banyak penelitian telah membuktikan, manfaat tanaman hias bagi kesehatan mulai dari membantu meningkatkan kadar oksigen di sekitar, hingga mengurangi racun dan mencegah penyebaran penyakit melalui udara.

Rupanya selain untuk kesehatan tubuh secara fisik, nyatanya manfaat tanaman hias juga baik untuk kesehatan mental. Mempercantik rumah dan meningkatkan kualitas hidup, tentu menjadi salah satu hal yang menyenangkan dan menguntungkan untuk dilakukan.

BACA JUGA:Percaya atau Tidak? 5 Tanaman Hias ini Membawa Keberuntungan

Berikut 9 manfaat tanaman hias bagi kesehatan dan lingkungan dirangkum berbagai sumber. 

1. Meningkatkan oksigen di dalam ruangan

Manfaat tanaman hias yang pertama adalah meningkatkan oksigen. Berbeda dengan mekanisme pernapasan manusia, selama fotosintesis, tanaman menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. 

Dengan demikian, produk yang dikeluarkan tanaman ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kadar oksigen yang dibutuhkan manusia.

Namun, ketika fotosintesis berhenti pada malam hari, sebagian besar tumbuhan akan kembali menyerap oksigen dan melepaskan karbon dioksida, kecuali beberapa tumbuhan, seperti anggrek, sukulen, dan bromeliad epifit. Jadi, gunakan tanaman ini di kamar tidur agar oksigen tetap mengalir di malam hari.

BACA JUGA:Merinding, Tanaman Sayuran di Area Kuburan Belasan Korban Dukun Slamet, Petani Kena Imbasnya, Siapa Mau Makan?

2. Melembabkan udara dan mencegah penyakit

Manfaat tanaman hias yang kedua adalah melembabkan udara sekaligus mencegah penyakit. Di alam liar, akar tumbuhan bertanggung jawab untuk menyerap air tanah, yang kemudian akan menguap melalui daun dalam proses transpirasi. Penelitian menunjukkan bahwa proses ini menyumbang sekitar 10 persen kelembaban di atmosfer.

Hal yang sama juga terjadi di rumah, artinya dengan menempatkan tanaman hias di dalam rumah dapat meningkatkan kelembaban ruangan. Hal ini sangat penting, terutama bagi anda yang tinggal di iklim kering, seperti perkotaan di dataran rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: