Terkini! Gempa Berkekuatan 6,0 Magnitudo Guncang Kepulauan Aru Maluku

Terkini! Gempa Berkekuatan 6,0 Magnitudo Guncang Kepulauan Aru Maluku

Gempa bumi terkini guncang Kepulauan Aru Maluku--

Terkini! Gempa Berkekuatan 6,0 Magnitudo Guncang Kepulauan Aru Maluku

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Indonesia. Kali ini, Gempa bumi mengguncang Kepulauan Aru di Maluku, sekitar pukul 16.19 WIB, Jumat, 28 April 2023.

Dilansir dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 Skala Richter (SK) ini tidak berpotensi tsunami.

Adapun pusat gempa bumi berada di laut 125 kilometer barat laut Kepulauan Aru, Maluku. Kedalaman pusat gempa berada di kedalaman 60 kilometer.

BACA JUGA:Waduh! IKN Nusantara Rawan Gempa, APBN Bakal Dibuat Tekor, Netizen: Tenggelam Kita dalam Hutang

Kendati tidak berpotensi tsunami, namun BMKG menyarankan masyarakat di sekitar gempa untuk tetap hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Untuk diketahui, wilayah Indonesia beberapa hari terakhir selalu diguncang gempa bumi dengan kekuatan gempa berbeda-beda. Berdasarkan data yang dimiliki BMKG, sepanjang bulan April 2023 ini saja sudah 24 kali gempa bumi mengguncang wilayah Indonesia.

Kemarin, 27 April 2023 gempa bumi mengguncang Nias Selatan, Sumatera Utara. Gempa bumi berkekuatan 5,0 SR ini berpusat di 165 kilometer tenggara Nias Selatan.

Sebelumnya, pada 25 April 2023, gempa bumi berkekuatan 5,0 SR terjadi di barat laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Sempat ada peringatan Tsunami disini, namun setelah itu dicabut.

BACA JUGA:Mentawai dan Sukabumi Diguncang Gempa Bumi Secara Beruntun Hari Ini, Pertanda Apakah?

Pada tanggal 23 April 2023, terjadi tiga pusat gempa di wilayah Indonesia. Yakni, di Nias Selatan sebanyak dua pusat gempa, dan satu lagi di Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Gempa bumi pertama terjadi sekitar pukul 00.09 di 170 kilometer tenggara Nias Selatan, Sumut. Gempa bumi ini berkekuatan 5,9 SR.

Gempa bumi kedua terjadi sekitar pukul 04.17 WIB di 177 kilometer Barat Laut Kepulauan Mentawai, Sumbar, dengan kekuatan gempa 6,1 SR.

Dan gempa bumi ketiga juga melanda Nias Selatan, Sumut. Gempa bumi berkekuatan 5,5 SR ini berada di 172 kilometer tenggara Nias Selatan, Sumut. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: