Catat Ya, Peredaran Uang Kartal di Sumsel Tembus Rp4,2 Triliun di Momen Lebaran 2023

Catat Ya, Peredaran Uang Kartal di Sumsel Tembus Rp4,2 Triliun di Momen Lebaran 2023

Uang kartal masih menjadi alat pembayaran utama di Sumatera Selatan.--dok : sumeks.co

Catat Ya, Peredaran Uang Kartal di Sumsel Tembus RP4,2 Triliun di Momen Lebaran 2023

SUMEKS.CO - Puncak peredaran uang dalam satu tahun terjadi peningkatan dibulan ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Sumatera Selatan, Erwin Soeriadimadja mengatakan perputaran uang di Provinsi Sumatera Selatan selama bulan ramadhan hingga momen lebaran mencapai Rp4,2 triliun.

“Ini tercipta dari realisasi penarikan uang tunai menjelang hari raya Iidul Fitri yang meningkat 12 persen dibanding tahun lalu,” katanya.

Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan, untuk kebutuhan selama bulan ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah,  telah menyiapkan uang kartal senilai Rp6,4 triliun.

BACA JUGA:Bank Indonesia Sumsel Ingatkan Stakeholder Cepat Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Bulan Puasa dan Idul Fitri

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel juga sudah menyiapkan dua bentuk pelayanan penukaran uang di bank dan melalui mobil kas keliling dengan tanggal yang sudah ditetapkan.

Uang kartal yang disiapkan Bank Indonesia untuk beberapa keperluan seperti, pembayaran THR, makanan dan minuman, tempat tinggal dan singgah, transportasi bagi pemudik dan pembelian produk.

Secara keseluruhan uang kartal yang disiapkan Bank Indonesia Perwakilan Sumsel senilai Rp11 triliun, dimana Sumsel mendapat sebesar Rp6,4 triliun.

Sisanya dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan uang dibeberapa wilayah seperti Bengkulu, Jambi dan Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA:Catat Ya, Peredaran Uang Kartal di Sumsel Tembus Rp4,2 Triliun di Momen Lebaran 2023

Beberapa bank juga ikut merasakan meningkatnya permintaan uang kartal selama momen lebaran 2023.

Salah satunya adalah Bank Mandiri yang sudah mendistribusikan uang kartal mencapai Rp900 miliar khusus wilayah Sumatera Selatan. Jumlah tersebut meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Bank menyiapkan lebih banyak uang agar masyarakat atau nasabah bisa melakukan aktivitas dimomen lebaran dengan kebutuhan uang tunai yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: