Kakanwil Kemenkumham Sumsel Bagikan 9.561 SK Remisi Khusus Kepada Narapidana Lapas/Rutan di Sumsel

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Bagikan 9.561 SK Remisi Khusus Kepada Narapidana Lapas/Rutan di Sumsel

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya secara simbolis serahkan SK remisi di Rutan Kelas I Palembang, 22 April 2023.--

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Bagikan 9.561 SK Remisi Khusus Kepada Narapidana Lapas/Rutan di Sumsel

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebanyak 9.561 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (lapas), Rumah Tahanan (rutan) dan LPKA mendapatkan remisi.

Surat Kuputusan (SK) remisi langsung diserahkan secara simbolis oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya di Rutan Kelas I Palembang, Sabtu 22 April 2023.

"Total 9.561 narapidana dan anak didik Pemasyarakatan di Sumsel yang mendapat remisi. SK remisi juga dibagikan secara serentak oleh Kepala Lapas, Rutan, dan LPKA di wilayah masing-masing," kata Kakanwil Ilham Djaya. 

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengatakan remisi merupakan hak WBP yang diatur dalam Undang-undang nomor 12 tahun 2022 tentang pemasyarakatan, yang merupakan capaian terbaik jajaran Kemenkumham dalam perumusan kebijakan guna memasuki era baru Pemasyarakatan. 

BACA JUGA:Wow...Selain Dilengkapi Senjata Modern, Ini 4 Piranti Tradisional yang Dimilikki KKB, Nomor 3 Paling Mematikan

“Remisi adalah apresiasi negara terhadap WBP atas capaiannya karena telah berkelakuan baik selama menjalani masa pidana. Semoga dengan remisi ini WBP selalu taat aturan, menyadari kesalahannnya, memperbaiki diri, menjadi insan yang baik dan berguna selama dan setelah menjalani masa pidana,” terangKakanwil Ilham membacakan sambutan Menkumham pada acara itu. 

Lebih lanjut, Pemberian remisi ini diharapkan dapat dijadikan sebagai renungan dan motivasi bagi para Narapidana untuk selalu intropeksi diri dan berusaha untuk terus menjadi lebih baik kedepannya. 

"Pencapaian ini membuktikan bahwa para narapidana mampu mengubah diri menjadi manusia yang lebih baik daripada sebelum menjalani pidanapidana, " ucap Ilham Djaya. 

Untuk diketahui, jumlah penghuni Lapas dan Rutan Se-Sumatera Selatan per-22 April 2023 ini adalah sejumlah 16.058 dengan jumlah Narapidana 13.654 dan tahanan 2.404 orang dengan kapasitas jumlah hunian Lapas/Rutan yang ada di Sumatera Selatan sejumlah 6.605 orang.

BACA JUGA:Meriah dan Agamis, Begini Nih Tradisi Lebaran di Kota Palembang

Adapun jumlah napi/anak didik yang paling banyak mendapatkan remisi berasal dari Lapas Kelas I Palembang sebanyak 1.302 WBP, Lapas Kelas IIA Banyuasin (928 WBP), Lapas Kelas IIB Sekayu (764 WBP), Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin (735 WBP), Lapas Kelas IIA Lubuklinggau (712 WBP), serta Lapas Kelas IIA Muara Beliti sebanyak 646 WBP.

"Lalu sebanyak 86 WBP mendapat Remisi Khusus II langsung bebas, terbanyak yaitu 12 WBP dari Lapas Narkotika Muara Beliti dan masing-masing 10 WBP dari Lapas Banyuasin dan Lapas Narkotika Banyuasin," papar Ilham. 

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya berharap para WBP dapat mengikuti dengan baik program-program pembinaan selama menjalani sisa pidana, sehingga setelah bebas nanti para WBP dapat menjadi lebih baik dan tidak mengulangi kembali kesalahannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: