Fenomena Jelang Lebaran, Emak-Emak Ramai Tebus Kembali Perhiasan di Pegadaian

Fenomena Jelang Lebaran, Emak-Emak Ramai Tebus Kembali Perhiasan di Pegadaian

Nasabah melakukan transaksi gadai emas di Kantor PT Pegadaian Kanwil III Palembang.-Naba Anwar-

Fenomena Jelang Lebaran, Emak-Emak Ramai Tebus Kembali Perhiasan di Pegadaian

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Fenomena menjelang lebaran. Emak-emak ramai melakukan transaksi tebus gadai di Pegadaian Kanwil III Sumbagsel, meningkat hingga 40 persen. 

Tebus gadai yakni, dimana orang yang sebelumnya menggadaikan barang berharga miliknya kemudian ditebus kembali. 

Ramainya masyarakat yang menebus kembali barang berharga yang sebelumnya digadaikan untuk mendapatkan uang, sudah menjadi fenomena setiap tahun menjelang lebaran.  

“Transaksi di Pegadaian Kanwil III Sumbagsel kita meningkat cukup pesat. Khusus wilayah Palembang kontribusinya bisa 40 persen nasabah melakukan tebus gadai jika dibandingkan hari biasa,” jelas pemimpin Wilayah III PT Pegadaian Palembang, Pratikno kepada awak media, Minggu 16 April 2023.

BACA JUGA:Harga Emas Batangan Pegadaian Palembang Naik Sebesar Rp8.000

Pratikno menjelaskan, peningkatan tersebut mulai terasa sejak sebelum lebaran dan kebanyakan nasabah melakukan tebus gadai. 

Meningkatnya jumlah nasabah yang melakukan tebus gadai masih akan terus terjadi, hingga mendekati lebaran. Sementara pelayanan di Pegadaian tutup pada 17 April.

Gadai emas memang masih jadi pilihan masyarakat karena lebih fleksibel dan prosesnya cepat,” jelas Pratikno.

Barang yang digadaiakan dalam bentuk perhiasan. Setidaknya berkontribusi sebesar 95 persen transaksi yang ada.

BACA JUGA:Sempat Turun, Harga Emas Batangan Kembali Naik

"Hal ini sesuai dengan segmen yang menyasar para emak-emak, maka untuk barang jaminan sekitar 95 persen merupakan emas," tuturnya.

Pratikno menyebutkan untuk nilai transaksi tebus gadai ini nilainya mencapai Rp25 miliar per hari. Jumlah tersebut untuk wilaya Sumsel, Jambi, Bengkulu, Lampung, Babel. 

Sementara itu, memberikan nilai tambah kepada nasabah, Pegadaian menghadirkan program Gempita Ramadan dan Lebaran 2023 (Gempar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: