Gelar Pesantren Ramadan, Global Talent Islamic School Inapkan Siswa

Gelar Pesantren Ramadan, Global Talent Islamic School Inapkan Siswa

Kegiatan pesantren Ramadan di Sekolah Global Talent Islamic School and Studio. foto: istimewa--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Pesantren Ramadan yang digelar sekolah Global Talent Islamic School and Studio Palembang terbilang agak unik. Betapa tidak, sekolah yang terletak di Jl Putri Kembang Dadar, Bukit Lama, Palembang ini mewajibkan siswa siswinya menginap di sekolah selama digelarnya Pesantren Ramadan

Kepala Global Talent Islamic School and Studio Hamadan Cholil mengatakan bahwa pesantren Ramadan yang digelar dengan menginapkan siswanya sudah berjalan sejak Senin 27 Maret lalu. Pesantren Ramadan digelar selama enam hari dan akan berakhir Sabtu 1 April.

“Siswa siswi kita inapkan di sekolah,” kata Hamdan Cholil kepada SUMEKS.CO, Kamis 30 Maret 2023. 

Materi pesantren Ramadan? Hamdan menjelaskan bahwa Materi yang diberikan kepada siswa, sama dengan pengetahuan lainnya berhubungan dengan Islam kepada anak didik. Seperti Tahfiz Quran, Tilawah, Fiqih, Sirah Nabi, dan Materi lainnya. Selama mengikuti pesantren Ramadan, siswa juga diajak untuk melaksanakan Salat Tarawih dan Salat Tahajud.

BACA JUGA:Sekolah Mulai Gulirkan Pesantren Kilat

“Biar siswa tidak bosan, kita juga menggelar fun game dan nonton film Islami,” jelas Hamdan. 

Selain materi yang berhubungan dengan Islam, lanjut Hamdan, pihaknya juga memberikan pengetahuan life skill kepada siswa. Seperti cara membuat ketupat. “Siswa kita bekali berbisnis,” terangnya. 

Masih kata Hamdan, sekolah menginapkan siswa selama mengikuti pesantren Ramadan, tidak lain untuk mengenalkan kehidupan pesantren. Jika siswa melanjutkan ke pondok pesantren setelah tamat dari Global Talent Islamic School and Studio, tidak kaget lagi dengan kehidupan di pondok.

“Aktivitas kehidupan di pesantren kita kenalkan kepada siswa dari pagi hingga malam hari,” tandasnya.

Jenjang pendidikan sekolah Global Talent Islamic School and Studio? Hamdan menambahkan bahwa sekolahnya saat ini memiliki jenjang pendidikan dari TK-SMP. “Yang ikut pesantren Ramadan menginap hanya siswa SD dan SMP,” pungkasnya. 

BACA JUGA:150 Anak Didik Pemasyarakatan LPKA Palembang Ikuti Pesantren Kilat Ramadhan

Tempat menginap siswa selama mengikuti pesantren Ramadan? Hamdan menjelaskan bahwa yang dijadikan kamar bagi siswa adalah ruang kelas. Ruang kelas dimodifikasi sedemikian rupa dan difungsikan sebagai kamar. Satu kelas bisa menampung beberapa siswa," tukasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: