Makam Usang Sungging di Ogan Ilir, Disinyalir Sering Didatangi Warga yang Sedang Belajar Bertukang Kayu

Makam Usang Sungging di Ogan Ilir, Disinyalir Sering Didatangi Warga yang Sedang Belajar Bertukang Kayu

Makam Usang Sungging di Desa Tanjung Batu Kebupaten Ogan Ilir.-Foto: Dok. Sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Makam Usang Sungging yang terletak di Desa Tanjung Batu Seberang Kecamatan Tanjung Batu, menjadi salah satu tujuan wisata religi di Kabupaten OGAN ILIR.

Sebagian besar warga yang datang ke makam nenek moyang warga Tanjung Batu tersebut, biasanya berziarah untuk memohon petunjuk agar diberi kemudahan dalam belajar menjadi tukang kayu.

"Kalau berdasarkan informasi dari masyarakat, memang sering ada warga yang berziarah ke makam Usang Sungging. Selain untuk mendoakan Usang Sungging, peziarah ini juga memohon supaya diberikan kemudahan dalam belajar menjadi tukang kayu," terang Robbi, Kades Tanjung Batu Seberang, Selasa, 7 Maret 2023.

Sebagaimana diketahui, Usang Sungging terkenal dengan beberapa keahliannya, seperti rancang bangun, melukis, mengukir atau memahat, bahkan menyiapkan rencana-rencana yang akan dilakukan oleh istana Kesultanan Palembang.

BACA JUGA:Usang Sungging, Nenek Moyang Warga Tanjung Batu Ogan Ilir yang Makamnya Setia Dijaga Burung Perkutut

Kondisi makam Usang Sungging saat ini memang sangat memprihatinkan, karena tidak mendapatkan perhatian dari semua pihak. Konon kabarnya, makam Sang Sungging ini dijaga oleh seekor burung perkutut atau yang biasa disebut oleh warga Tanjung Batu burung ketitiran.

Burung ini selalu berdiri di atas atap makam Sang Sungging. Burung ini juga selalu mengeluarkan suara yang sangat merdu setiap kali orang mendengarnya.

Konon kabarnya juga, burung ini merupakan jelmaan keris milik Sang Sungging. Namun, informasi tersebut belum dipastikan kebenarannya.

Menurut Robbi, setelah dilantik menjadi Kades pada Desember 2022 lalu, dirinya berkeinginan untuk menjadikan Desa Tanjung Batu Seberang sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Ogan Ilir.

BACA JUGA:Sosok Usang Meranjat dan Usang Rimau, Cikal Bakal Berdirinya Desa Meranjat di Ogan Ilir 

"Kita sudah rencanakan makam Sang Sungging itu akan dirawat, tentunya kita butuh perhatian juga dari pemerintah daerah," ungkapnya.

Apabila makam nenek moyang warga Kecamatan Tanjung Batu tersebut, Robbi berharap, kunjungan wisata ke Desa Tanjung Batu Seberang akan meningkat. Apalagi, di Desa Tanjung Batu Seberang terkenal dengan rumah knock down atau rumah bongkar pasangnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: