Provinsi Sumsel Bantu Kabupaten Banyuasin Atasi Sampah

Provinsi Sumsel Bantu Kabupaten Banyuasin Atasi Sampah

Ilustrasi--

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, perlengkapan dan sarana angkutan sampah.

"Alhamdulilah kita dapatkan bantuan dari Gubernur 13 kontainer sampah, mobil truk sampah dan 90 tong sampah, " kata Izromaita, kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuasin.

Tidak hanya bantuan Gubernur Sumsel, tapi Kabupaten Banyuasin juga mendapatkan bantuan dari Kementerian PUPR yaitu truk sampah dan mobil tinja.

"Itu kita dapatkan saat peringatan hari peduli sampah beberapa waktu lalu di Talang Buluh, " jelasnya.

BACA JUGA:Ishak Mekki Motivasi Santri Pondok Pesantren Nurul Ilmi di Kabupaten Banyuasin, Tak Lupa Tinjau Rusun 2 Lantai

Diharapkan bantuan itu dapat mengatasi persoalan sampah yang ada di wilayah Kabupaten Banyuasin.

"Kita harapkan bisa teratasi, " tuturnya. Apalagi alat angkutan sampah milik Pemkab Banyuasin, mengalami kerusakan cukup parah.

Diakuinya Bumi Sedulang Setudung, tiap tahun menganggarkan persoalan sampah senilai Rp6 miliar. Tentunya itu akan menjadi beban anggaran, karena sampah tersebut harus diangkut ke TPA dengan biaya yang tinggi.

Antara lain biaya petugas, kendaraan, alat berat, BBM dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Rawan Karhutla, Kabupaten Banyuasin Terbantu Curah Hujan Tinggi

Sementara itu, Askolani, bupati Banyuasin mengatakan kalau setiap hari menghasilkan 400.000 kg atau 400 ton sampah per harinya.

"Dari total 400 ton sampah itu, bisa diselesaikan 20 persen, " katanya.

Artinya ada sekitar 80 persen sampah yang ada di wilayah Kabupaten Banyuasin belum terselesaikan alias masih belum terangkat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: