Prudential Syariah Bermitra dengan UIN Imam Bonjol Guna Mendorong Literasi Asuransi Jiwa Syariah

Prudential Syariah Bermitra dengan UIN Imam Bonjol Guna Mendorong Literasi Asuransi Jiwa Syariah

Prudential Syariah dan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang melakukan penandatanganan kemitraan strategis untuk mempertegas komitmennya dalam mendorong literasi asuransi jiwa Syariah bagi generasi muda.--

PADANG, SUMEKS.CO – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah), perusahaan asuransi jiwa terkemuka berbasis Syariah yang telah menjadi entitas yang berdiri sendiri sejak 5 April 2022 hari ini menjalin kemitraan strategis dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.

Dilaksanakan di kampus UIN dan disaksikan oleh ribuan mahasiswa, kemitraan ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Prudential Syariah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Syariah melalui peningkatan literasi dan inklusi asuransi jiwa Syariah, khususnya di kalangan generasi muda.

Omar S. Anwar, Presiden Direktur Prudential Syariah, mengatakan, “Untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, generasi muda perlu memiliki pemahaman akan pentingnya asuransi jiwa Syariah dengan diiringi kemampuan pengelolaan finansial yang bijak. Sejalan dengan POJK Nomor 76/POJK.07/2016, kami berkomitmen untuk mendukung realisasi hal tersebut melalui berbagai kegiatan literasi dan inklusi asuransi jiwa Syariah bagi generasi muda, termasuk melalui kerja sama dengan lembaga pendidikan seperti Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.”

Indonesia berada pada posisi strategis dalam perekonomian syariah global karena market size industri halalnya begitu signifikan dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia (87% dari total populasi).

BACA JUGA:PPKN Rumah Bagi Penyalur Kedelai, Dukung Penuh Aspirasi Perajin Tempe dan Tahu

Meskipun demikian, tingkat literasi dan inklusi keuangan Syariah di Indonesia masih sangat rendah. Survei Nasional Literasi dan inklusi keuangan OJK di akhir 2022 mencatatat tingkat literasi dan inklusi keuangan Syariah masing-masing hanya 9,14% dan 12,12%1.

Oleh karena itu, sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa Syariah, Prudential Syariah berkomitmen untuk memanfaatkan peluang secara optimal, termasuk melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan Syariah.

Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, menyambut baik kemitraan dengan Prudential Syariah.

“Provinsi Sumatra Barat memiliki potensi keuangan Syariah yang sangat besar dengan didukung oleh komitmen kuat Pemerintah Daerah Sumatra Barat. Kemitraan dengan Prudential Syariah sangat strategis bagi UIN Imam Bonjol untuk meningkatkan kesadaran pentingnya keuangan Syariah bagi mahasiswa, sekaligus mendukung upaya pemerintah daerah untuk menjadikan Provinsi Sumatera Barat sebagai Pusat Industri Halal Nasional di 2024.”

BACA JUGA:Sekretariat DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara Selamat dan Sukses 2 Tahun Kepemimpinan H. Devi Suhartoni

Kemitraan Prudential Syariah dan UIN Imam Bonjol mencakup sejumlah program yang fokus untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dan dosen terhadap konsep asuransi jiwa Syariah, termasuk manajemen risiko asuransi jiwa Syariah serta memberikan dukungan terhadap Unit Kegiatan Khusus (UKK) Asuransi Jiwa Syariah UIN Imam Bonjol yang bertujuan meningkatkan literasi dan inklusi asuransi jiwa Syariah, khususnya di Sumatra Barat.

Mengawali sesi edukasi asuransi jiwa Syariah, Bondan Margono, Head of Product Development Prudential Syariah, bersama dengan Lailatul Mauliyah Zubaidah, Head of Customer & Marketing Prudential Syariah, memberikan kuliah umum mengenai konsep-konsep dasar asuransi jiwa Syariah kepada ribuan mahasiswa UIN Imam Bonjol.

Sebagai perusahaan joint venture pertama yang telah berhasil melakukan spin off menjadi entitas Syariah terpisah sejak 5 April 2022, Prudential Syariah senantiasa berupaya menjadi kontributor terdepan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Syariah, termasuk dengan mendorong literasi dan inklusi keuangan Syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: