Anda Makan Nasi Tiap Hari? ini 5 Bahayanya Bagi Tubuh

Anda Makan Nasi Tiap Hari? ini 5 Bahayanya Bagi Tubuh

Ilustrasi nasi.--

SUMEKS.CO - Masyarakat Indonesia khususnya dan Asia Tenggara umumnya menjadikan nasi putih sebagai makanan utama. 

Terlebih mengonsumsi nasi putih dengan lauk pauk dan sayur membuat perut kenyang selama beberapa jam. 

Tahukah Anda, mengonsumsi nasi putih setiap hari ternyata tidak baik untuk tubuh. Ada efek samping bagi tubuh jika Anda mengosumsi nasi putih setiap hari. 

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Talkafricana.com.

1. Toksisitas arsenik

BACA JUGA:Tidak Hanya Nasi, Ini Makanan Pokok yang Kaya akan Karbohidrat

Padi mengakumulasi arsenik lebih banyak daripada tanaman pangan lainnya. Bahkan, itu adalah sumber makanan arsenik anorganik terbesar, yang merupakan bentuk yang lebih beracun.

Sementara arsenik diet umumnya hadir dalam jumlah rendah, dan tidak menyebabkan gejala keracunan langsung, konsumsi jangka panjang arsenik anorganik bisa menyebabkan berbagai masalah saraf pada anak-anak dan remaja, seperti gangguan konsentrasi, pembelajaran dan memori, kecerdasan berkurang dan sosial. kompetensi.

2. Diabetes

Nasi mengandung karbohidrat yang sebenarnya sama dengan gula. Jadi seringnya konsumsi nasi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Qi Sun, MD, di Harvard School of Public Health di Boston, membenarkan hal ini. Mereka menemukan bahwa makan nasi putih setiap hari bisa meningkatkan risiko tinggi terkena diabetes tipe 2 dan juga menyebabkan obesitas.

3. Tidak menyisakan ruang untuk diet seimbang

BACA JUGA:Surplus, Sumsel Kirim Beras ke DKI Jakarta

Mengonsumsi terlalu banyak nasi atau makanan lainnya bisa menyebabkan Anda makan terlalu sedikit nutrisi lain yang dibutuhkan untuk memastikan kesehatan yang optimal.

Seiring waktu tubuh akan mengalami kekurangan seperti vitamin A, seng, besi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: