Pemkot Palembang Harus Gunakan Anggaran Pengentasan Kemiskinan Tepat Sasaran

Pemkot Palembang Harus Gunakan Anggaran Pengentasan Kemiskinan Tepat Sasaran

Rusun Palembang. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pengamat Ekonomi Sumatera Selatan, Yan Sulistyo menyarankan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melakukan efisensi anggaran pengentasan kemiskinan.

Yan Sulistyo mengungkapkan penggunaan anggaran pengentasan kemiskinan dapat digunakan secara efektif dan tepat sasaran.

“Misalnya Kota Palembang menganggarkan dana senilai Rp100 miliar itu harus digunakan seluruhnya dalam mengentaskan kemiskinan," Yan Sulistyo ketika dihubungi SUMEKS.CO, Selasa 21 Februari 2023.

Menurut Yan Sulistyo, anggaran yang telah ditetapkan agar tidak dipotong-potong atau dugunakan untuk keperluan yang tidak begitu penting agar efisien.

BACA JUGA:Persentase Kemiskinan di Sumatera Selatan Meningkat, ini Kata BPS

"Seperti contohnya dalam melakukan penyusunan program tidak perlu di hotel-hotel mewah atau studi banding yang kurang bermanfaat. Karena dengan begitu penggunanan anggaran menjadl lebih efektif," jelasnya.

Lanjut Yan Sulistyo menuturkan, dalam mengatasi permasalahan kemiskinan tidak hanya penggunaan anggaran tersebut secara efektif.

Namun, data tingkat kemiskinan yang dipakai oleh pemerintah kota setempat harus benar-benar valid.

“Data tingkat kemiskinan yang digunakan oleh pemerintah Kota Palembang harus divalidasi lagi sehingga bantuan yang diberikan itu tepat sasaran dan tidak melenceng,” tuturnya.

Kendati demikian, Yan Sulistyo dalam penyusunan program mengentaskan kemiskinan dari dinas tertentu harus paham dengan pola pikir masyarakat miskin.

BACA JUGA:Lima Kabupaten dan Kota di Sumsel Ini Miliki Angka Kemiskinan Tinggi, Padahal APBD Besar

"Dengan memahami pola pikir masyarakat miskin itu maksudnya agar mereka mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam menyusun program pengentasan kemiskinan itu,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: