MAN Insan Cendekia OKI Dapat 40 Persen Kuota Jalur Undangan PTN

MAN Insan Cendekia OKI Dapat 40 Persen Kuota Jalur Undangan PTN

Kegiatan belajar di MAN IC OKI.-Foto: dokumen/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan mendapat kuota 40 persen untuk siswa-siswinya menjadi calon mahasiswa jalur undangan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2023.

Kepala MAN IC OKI, H Kiagus Faisal, SAg MPdi melalui Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, Afryansyah menjelaskan, kuota sebanyak 40 persen atau disebut Eligible ini sesuai dengan ketentuan Kementerian Pendidikan.

Yakni untuk sekolah tingkat SMA/MA sederajat dengan akrediasi A mendapatkan kuota 40 persen.

BACA JUGA:Universitas Sriwijaya Menuju Word Class University, H Anis Sagaff: ‘Dengan Berjemaah, Kita Kuat dan Bisa!’

"Jalur undangan bagi siswa siswi untuk perguruan tinggi negeri tahun ini sebesar 40 persen sudah kita terima. Jadi ada sebanyak 38 siswa siswi," ujarnya, saat dikonfirmasi SUMEKS.CO, Jumat 27 Januari 2023.

Dikatakan Afryansyah, untuk MAN IC dengan akreditasi A, saat ini jumlah siswa siswi yang duduk di Kelas XII ada sebanyak 90 peserta didik.

Dari kuota jalur undangan PTN itu, siswa siswi berhak memilih Univeritas mana yang diinginkan. Biasanya menyebar, baik di Sumatera maupun pulau Jawa.

"Seperti yang sering dipilih siswa siswi adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada (UGM) dan lainnya," ungkapnya.

BACA JUGA:Sekolah Saat Ini Sedang Lakukan Perankingan Siswa Eligible untuk SNBP Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Lanjutnya, untuk siswa siswi sebanyak 60 persennya di MAN IC nantinya bisa mengikuti tes perguruan tinggi secara umum.

Disebut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dimana SNBP menggantikan jalur masuk PTN sebelumnya yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Menurut dia, di tahun 2023 ini sangat berharap siswa siswi MAN IC bisa masuk atau diterima perguruan tinggi negeri. Baik secara jalur undangan maupun jalur umum dengan tes.

Dimana untuk masuk perguruan tinggi negeri bukan hanya keinginan siswa siswi, tetapi juga merupakan keinginan para orang tua.

BACA JUGA: Mushlihah Jamaluddin Juara II MTQ Nasional Wakili Indonesia MTQ Internasional di Aljazair

"Kalau di tahun 2022 lalu cukup banyak siswa siswi MAN IC yang diterima di PTN termasuk ada yang diterima di univeritas luar negeri," bebernya.

Masih kata dia, semua tenaga pendidik membimbing siswa siswinya guna bisa masuk perguruan tinggi negeri yang diinginkan.

Saat ini jumlah keseluruhan siswa siswi di MAN IC dari Kelas X, XI dan XII ada sebanyak 326 peserta didik.

Ditambahkannya, untuk jumlah tenaga pendidik ada sebanyak 40 orang. Semua siswa siswi di MAN IC berasrama hingga selesai atau lulus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: