1 Rajab Jatuh pada Senin 23 Januari 2023, Peristiwa Penting dan Amalan yang Perlu Dilakukan

1 Rajab Jatuh pada Senin 23 Januari 2023,  Peristiwa Penting dan Amalan yang Perlu Dilakukan

Doa dan amalan bulan Rajab 1444 H yang jatuh pada 23 januari 2023 yang disarankan. --

SUMEKS.CO- Awal bulan Rajab 1444 H, atau 1 Rajab jatuh pada Senin tanggal  23 Januari 2023

Demikian slebaran di sejumlah whatsApp, dengan kop Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang ditandatangai Sekretaris lembaga Falakiyah PBNU 22 Januari 2023, H Asmui Mansur M.Kom dan KH Sirril Wafa MA.

Slebaan itu bertuliskan Pengumuman Lembaga Falakiyah PBNU Nomor : 004/LF–PBNU/I/2023 yang dikeluarkan pada Ahad 22 Januari 2023. 

Lampiran butir 1 poin (g), maka Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dengan  ini mengumumkan, 

1. Telah dilaporkan penyelenggaraan rukyatul hilal pada Ahad Pon 29 Jumadal Akhirah 1444 H / 22 Januari 2023 M. Laporan tiap lokasi rukyat yang menyelenggarakan rukyatul hilal pada saat ini terlampir. 

Terdapat satu lokasi yang melihat hilal di luar jejaring LFNU.

2. Sebagai tindak lanjutnya maka awal bulan Rajab 1444 H bertepatan dengan Senin Wage 23 Januari 2023 M (mulai malam Senin) atas dasar rukyah.

3. Mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan partisipasi Nahdliyin dalam rukyatul hilal ini.

4. Jajaran Lembaga Falakiyah PWNU dan PCNU se–Indonesia diharapkan bertindak aktif untuk menyebarluaskan pengumuman awal bulan Rajab 1444 H ini kepada warga Nahdlatul Ulama khususnya jajaran pengurus di wilayah atau cabangnya masing–masing. 

BACA JUGA:Besok Tiba Bulan Rajab, Ini Lima Amaliah Ibadah yang Utama

Di akhir pernyataan dengan menyebutkan doa, Ya Alloh berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban. Sampaikanlah kami pada bulan Ramadhon. 

Karenanya, menurut lama nu.or.id, sejumlah amalan sangat disarankan dilakukan di bulan istimewa tersebut. Dan banyak peristiwa penting di bulan Rajab tersebut.

Rajab adalah satu dari empat al asyhur al-hurum atau bulan-bulan haram, bulan-bulan yang suci dan mulia, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. 

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ (التوبة: ٣٦)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: