5 Daerah yang Miliki Dataran Tertinggi di Sumatera Selatan, Palembang Hanya Miliki Ketinggian Wilayah 8 Mdpl

5 Daerah yang Miliki Dataran Tertinggi di Sumatera Selatan, Palembang Hanya Miliki Ketinggian Wilayah 8 Mdpl

Gunung Dempo di Kota Pagaralam, jadi dataran tertinggi di Sumatera Selatan.--dok:sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sumatera Selatan salah satu provinsi yang termasuk dalam daftar daerah yang memiliki dataran rendah terbanyak di Indonesia.

Diantara 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan, Palembang jadi satu-satunya daerah yang miliki kawasan ketinggian tak sampai 10 meter.

Sekitar 35 persen dari 8,9 juta hektar wilayah daratan di Sumatera Selatan adalah dataran rendah atau lahan basah. Tak hanya itu, Sumatera Selatan juga memiliki dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 79 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan, ada empat daerah yang mempunyai dataran terendah di Sumatera Selatan yakni, Kota Palembang, Musi Banyuasin (Muba), Ogan Komering Ilir (OKI), dan Ogan Ilir (OI).

BACA JUGA:Keistimewaan Kota Pagaralam, Sumatera Selatan yang Memiliki 33 Air Terjun dan 26 Situs Menhir

Bahkan, dari empat kabupaten dan kota tersebut ketinggian wilayahnya tak sampai dari 10 meter, atau rata-rata memiliki ketinggian 8 meter. Ya, daerah tersebut yaitu Kota Palembang, Ibukota Provinsi Sumatera Selatan.

Kota Palembang jadi satu-satunya daerah yang kawasannya berada pada ketinggian 8 meter diatas permukaan laut. Tak ayal, jika Palembang yang juga dikenal dengan Kota Pempek ini menjadi langganan banjir saat hujan deras terjadi.

Sementara, daerah di Sumatera Selatan lainnya yang memiliki dataran tertinggi yakni Kota Pagaralam. Lubuklinggau, Lahat, Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), dan Musi Rawas. 

Peringkat pertama yang memiliki wilayah tertinggi yakni Kota Pagaralam. Daerah yang dikenal dengan perkebunan kopi dan teh ini, memiliki ketinggian wilayah rata-rata 280 mdpl. Hal ini juga terlihat jelas dari Gunung Dempo yang berdiri kokoh hingga saat ini.

BACA JUGA:Tolak Dijajah, Suku Kubu Pilih Menetap di Hutan, Keturunan Kubu Lebar Tapak dari Pagaralam

Tak heran jika kelima kabupaten dan Kota tersebut menjadi langganan bencana tanah longsor.

Berikut data lengkap mengenai ketinggian wilayah dari masing-masing kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan.

1. Ogan Komering Ulu (OKU), memiliki ketinggian wilayah dataran rata-rata 70 meter diatas permukaan laut (mdpl).

2. Ogan Komering Ilir (OKI), 18 mdpl.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: