Cek Nama Kamu di Aplikasi, Ini Daftar Bantuan Sosial yang Akan Cair Januari 2023

Cek Nama Kamu di Aplikasi, Ini Daftar Bantuan Sosial yang Akan Cair Januari 2023

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 1 dimulai akhir Januari 2023. -Foto: dok/sumeks.co-

BACA JUGA:Bansos PKH Januari 2023 Cair Rp 3.000.000, bagi Pemegang Kartu KIS BPJS Saja?

Bantuan PIP Kementrian Agama

Bantuan PIP kementrian agama ini untuk sekolah yang dibawah naungan kementrian agama seperti, MI, MTS, dan Madrasah Aliyah.

Bantuan PIP untuk Kemenag ini dianggarkan untuk tahun 2022 adalah sebesar 2 juta siswa. Untuk besaran bantuannya masih sama. Yaitu untuk jenjang pendidikan MI, yaitu Rp450.000, MTS Rp750.000 dan Madrasah Aliyah sebesar Rp1.000.000.

Bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Bantuan yang masih tetap dicairkan di tahun 2023 yaitu bantuan Kartu Indonesia Sehat atau PBI.

Penerima Bantuan Iuran BPJS, kesehatan yang gratis dbayar iurannya oleh pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Untuk tahun 2022, kuota bantuan BPI sebanyak 96,8 juta orang di seluruh Indonesia.

Tentu bantuan KIS ini manfaatnya sangat luar biasa karena apabila penerima ini sakit, yang mengharuskan operasi apabila tanpa menggunakan KIS BPI ini biayanya sangat banyak. Jadi, operasi dari penerima bantuan BPI ini akan ditanggung oleh pemerintah alias gratis.

Bila merasa telah memiliki kriteria penerima bantuan, segeralah mengecek keaktifan Kartu KIS. PBI JK berhak mendapatkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 1 yang dijadwalkan cair pada Januari-Maret 2023 bila KIS tercatat aktif dan memenuhi kriteria tersebut.

PBI JK pemilik KIS juga berhak mendapatkan dana PKH 2023 yang rencananya akan diberikan kepada 10 juta keluarga penerima harapan (KPM). Dengan syarat, KIS milik PBI JK harus tercatat aktif.

Bagaimana cara mengecek keatifkan Kartu KIS?

1. Melalui SMS Gateway

Cara mengecek status Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat atau KIS: 

KETIK NOKANOMOR KARTU INDONESIA SEHAT WARGA DAN KIRIM KE NOMOR 087775500400 

atau bisa juga dengan pilihan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: