Bukan Tandingan, Sumatera Selatan Miliki Jalan Tol Terpanjang dengan Durasi Pembangunan Tercepat di Indonesia

Bukan Tandingan, Sumatera Selatan Miliki Jalan Tol Terpanjang dengan Durasi Pembangunan Tercepat di Indonesia

Tampak dari udara jalan tol Palembang-Kayuagung, Provinsi Sumatera Selatan. --dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO -  Satu-satunya jalan tol terpanjang dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia, Provinsi Sumatera Selatan, mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). 

Sumatera Selatan juga mempunyai segudang keunggulan yang pastinya tak dimiliki provinsi lainnya. Ya, salah satunya dalam hal insfrastruktur.

Pada 15 November 2019, Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang  189,2 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Menghubungkan Provinsi Lampung dengan Sumatera Selatan. Diresmikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

BACA JUGA:Pahami 10 Hal Berikut Sebelum Masuk Jalan Tol di Sumatera Selatan, Agar Perjalanan Aman

Jalan tol yang membentang dari Lampung Tengah hingga ke Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.

Merupakan salah satu ruas jalan tol terpanjang yang pernah diresmikan Presiden Jokowi dan mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Tak hanya itu, Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung juga merupakan tol terpanjang di Pulau Sumatera dan telah beroperasi sejak 2019 lalu hingga saat ini. 

Bahkan, sampai sekarang pun belum ada yang mengalahkan panjangnya Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung yang berdiri di Provinsi Sumatera Selatan ini.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Sentil Ruas Jalan Tol Membahayakan Pengendara, Minta Ruas Tol Indralaya-Prabumulih Lebih Aman

Meski akan disalip oleh Tol Pekan Baru-Padang yang memiliki panjang 254 km, dan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 206 km.

Namun, kedua tol tersebut hingga kini belum rampung dan belum bisa dioperasikan.

Artinya, Sumatera Selatan tetap menjadi provinsi memegang predikat insfrastruktur jalan tol terpanjang dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia.

Sementara, ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 112 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: