Hadiri Launching Graha Pemilu Sumatera Ekspres, Ketua KPU Sumsel Janji Benahi DPT

Hadiri Launching Graha Pemilu Sumatera Ekspres, Ketua KPU Sumsel Janji Benahi DPT

Amrah Muslim dan Yenli Elmanoferi. --

BACA JUGA:Ini 6 Provinsi Lumbung Suara Golkar Pemilu 2019, Sumsel Tertinggi

Di sesi 2 tanya jawab, Hairil Anwar Moerni selaku Sekretaris DPW PSI Sumsel menilai jika penyelenggara independen, pemilu bersih, maka akan selesai perkara. “Tapi manusia ini ada setannya. Maka kembali ke parpol masing-masing yang akan mengendalikan manusia, jadi caleg, dan sebagainya,” katanya.

Dia mempertanyakan, apa yang pantas disampaikan atau tidaknya saat uji publik nanti. “Kami mengharapkan, jika disepakati itu harus disampaikan. Karena itu yang diinginkan masyarakat. Kami juga berharap, pemilu masih proporsional terbuka, yang clean and clear,” ucapnya.

Sekretaris Bappilu Gerindra Sumsel, Zulfikar, mengatakan, selaku orang yang pernah jadi anggota Bawaslu Sumsel, disebutnya kendala masalah saksi di tingkat lapangan tentunya nanti sesuai dengan geografis.

“Kekurangan dan menipulasi yang ada, diharapkan pencegahan dari bawasalu. Terus, kapan pelatihan saksi oleh Bawaslu, untuk di jajaran paling bawah,” tanyanya.

Untuk target pemilu ini, Demokrat berharap 15 kepala daerah bisa dikuasai. Juga penambahan kursi di dewan. General Manager (GM) Sumatera Ekspres, Hj Nurseri Marwah, mengatakan, latar belakang di-launching-nya Graha Pemilu untuk membantu kerja penyelenggara dan peserta pemilu. Hal ini sejalan dengan fungsi media yang tak hanya sebagai media informasi, tapi juga edukasi dan juga kontrol sosial.

BACA JUGA:Momentum Kebangkitan, Ajak Istiqomah Menangkan PPP di Pemilu 2024

“Graha Pemilu jadi sarana teman-teman penyelenggara dan peserta, baik parpol maupun kandidat untuk bisa sosialisasi. Sekaligus berikan edukasi kepada masyarakat. Kami berikan ruang di Sumatera Ekspres untuk itu,” imbuhnya.

Terkait tema yang diangkat Pemilu Bersih, Penyelenggara Independen, harapannya, tidak hanya penyelenggara yang bersih, tapi juga dari parpol dan kandidat. Tidak ada lagi yang melakukan praktik money politics apapun bentuknya. “KPU dan Bawaslu kan orangnya hanya beberapa, tidak banyak. Butuh dukungan dari semua pihak untuk menciptakan pemilu yang bersih,” tandasnya.

Selain Ketua KPU Sumsel dan Ketua Bawaslu Sumsel Yenli Elmanoferi MSi, hadir dalam launching Graha Pemilu kemarin, Ketua KPU Palembang Syawaludin, Ketua DPD PPP Sumsel Agus Sutikno, Ketua DPW PKS Sumsel M Toha, Sekretaris DPW Partai Nasdem Sumsel Syamsul Bahri, Bendahara PDI Perjuangan Sumsel Yudha Rinaldi,  Sekretaris PKN Sumsel Syaiful Islam, dan Wakil Sekretaris Partai Gerindra Sumsel Zulfikar.

Kemudian, Ketua Partai Hanura Sumsel Ahmad Al Azhar, Ketua Partai Garuda Dolmar J Damarjaya,  Ketua Bappilu PBB Sumsel Karyono, Wakil Ketua Partai Ummat Nahnu M Zen, Sekretaris DPW PSI Hairil Anwar, Sekretaris DPW Partai Gelora Sumsel dan para pengurus lainnya. (tim sumatera ekspres)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: