Info Segar dari Menteri Agama: Peluang Mendapat Kuota Haji Tambahan Masih Ada, Bila Terwujud Antrean Berkurang

Info Segar dari Menteri Agama: Peluang Mendapat Kuota Haji Tambahan Masih Ada, Bila Terwujud Antrean Berkurang

Ilustrasi--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Kembalinya jumlah normal kuota jemaah haji Indonesia dari Pemerintah Arab Saudi menjadi kabar gembira bagi para calon jemaah haji Indonesia. Setidaknya dengan kembali normalnya kuota haji dapat memangkas antrean atau daftar tunggu haji di Indonesia.

Nah belum lama ini angin segar kembali disampaikan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas beserta rombongan tim Misi Haji Indonesia. Sepulangnya dari Misi Haji, Menteri Agama menyatakan, peluang mendapatkan kuota haji tambahan masih ada. 

Pihaknya akan tetap mengupayakan agar tambahan itu bisa didapatkan. Meskipun untuk saat ini upaya untuk membawa kuota haji tambahan belum berhasil diwujudkan. 

“Kita masih terus berikhtiar agar mendapat tambahan kuota. Komunikasi dengan pihak Kementerian Haji dan Umrah Saudi terus dilakukan. Insya Allah peluang penambahan masih ada,” kata Menteri Agama, Yaqut dalam keterangan tertulisnya, Jumat 13 Januari 2023.

Kuota haji Indonesia pada tahun 2023 telah ditetapkan sebesar 221.000 jemaah. Jumlah ini terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus.

BACA JUGA:Simak Syarat Kesehatan Terbaru yang Wajib Dipenuhi Calon Jemaah Haji Tahun 2023

Lebih lanjut, Menteri Yaqut mengungkapkan, pihaknya akan mempercepat penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2023.

“Kita juga akan segera mempersiapkan rapat kerja dengan Komisi VIII DPR. Sebab, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji juga harus segera ditetapkan agar jemaah bisa segera melakukan pelunasan. Insya Allah raker dengan Komisi VIII DPR dijadwalkan 19 Januari 2023,” tuturnya.

Selain biaya haji, lanjut Menteri Yaqut, rapat koordinasi internal dan rapat kerja dengan Komisi VIII juga akan membahas pemanfaatan kuota, khususnya bagi jemaah lansia. Tentunya ini menjadi antesi khusus. Pasanya pada tahun 2022, banyak jemaah lansia yang tertunda keberangkatannya karena aturan pembatasan umur.

Selain itu, banyak juga jemaah lunas tunda yang belum berangkat karena pembatalan keberangkatan pada musim haji 2020 dan 2021.

BACA JUGA:Cara Cepat Cek Keberangkatan Haji Tahun 2023, Selain Nomor Porsi CJH, Unduh Aplikasi Ini di Google Play

“Alhamdulillah tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia sehingga jemaah lansia juga bisa berangkat. Saya sudah meminta kepada seluruh jajaran Ditjen PHU untuk mempersiapkan beragam skema dan mekanismenya sejak awal, termasuk mempersiapkan para petugas yang profesional dalam memberikan layanan kepada jemaah,” pungkas Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Aplikasi Cek Nomor Porsi CJH

Kementerian Agama tampaknya mengerti kesusahan calon jemaah haji yang ingin tahu info tahun keberangkatan haji 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: