Ingatkan Komitmen Presiden, Riri Damayanti Bakal Desak Kementerian PUPR Lanjutkan Tol Bengkulu-Lubuklinggau

Ingatkan Komitmen Presiden, Riri Damayanti Bakal Desak Kementerian PUPR Lanjutkan Tol Bengkulu-Lubuklinggau

Anggota DPD RI Dapil Bengkulu, Hj. Riri Damayanti John Latief.-Foto: bengkuluekspres/sumeks.co-

BENGKULU, SUMEKS.CO - Rencana pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau seksi 2, belum ada titik terang kelanjutannya. Sementara Seksi 1 Tol ini yakni ruas Bengkulu-Taba Penanjung sudah akan resmi beroperasi per 12 Januari 2023.

Hal ini menjadi perhatian khusus senator muda Bengkulu, Hj Riri Damayanti John Latief. Anggota DPD RI dapil Bengkulu ini secara tegas bakal mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memprioritaskan kelanjutan pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau. 

"Sebagai wakil daerah asal Bengkulu, saya minta maaf kepada seluruh masyarakat atas kelambanan pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau. Sebagai mitra Kementerian PUPR, saya minta agar pembangunan Tol Bengkulu-Taba Penanjung segera dilanjutkan hingga Lubuklinggau," kata Riri Damayanti John Latief dikutip radarkepahiang.di belum lama ini.

Riri menegaskan, Tol Bengkulu-Lubuklinggau merupakan salah satu ruas tol prioritas yang masuk dalam program strategis Presiden RI Joko Widodo. Sehingga bila tidak dilanjutkan, bakal berdampak terhadap kepercayaan publik terhadap pemerintah.

BACA JUGA:Sah! Tol Bengkulu-Taba Penanjung Resmi Beroperasi 12 Januari 2023, Ini Rincian Tarifnya

Menurut Riri, ditundanya penyelesaian pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau akan menimbulkan persepsi beragam di tengah masyarakat. Salah satunya akan ketidakmampuan dan ketidakseriusan pemerintah terhadap pembangunan di Bengkulu.

Pasalnya, kata Riri, pembangunan tol di pulau lainnya beres. Termasuk tol di provinsi lain di Sumatera sudah banyak yang rampung.

"Ini tentu memprihatinkan dan membentuk persepsi publik bahwa Bengkulu kurang mendapat perhatian. Saya akan ingatkan Menteri PUPR soal ini. Presiden sendiri menargetkan jalan tol Trans Sumatera akan tersambung penuh dari Lampung ke Aceh di tahun 2024. Masih ada waktu, semoga tahun 2023 Kementerian PUPR tidak luput memasukkan Tol Bengkulu-Lubuklinggau dalam skala prioritas untuk dibangun," ujar Riri Damayanti John Latief. 

Riri menambahkan, sejak awal masyarakat telah mendambakan hadirnya Tol Bengkulu-Lubuklinggau karena diyakini akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningatkan pendapatan daerah dan meningkatkan minat investor untuk berinvestasi di Bumi Rafflesia.

BACA JUGA:Sempat Diragukan Terwujud, Berikut Data dan Fakta Tentang Tol Bengkulu

"Juga impian menggeliatnya sektor pariwisata, semakin cepatnya jarak tempuh perjalanan Bengkulu-Sumatera Selatan, berkurangnya angka pengangguran yang diserap melalui pembangunan jalan tol tersebut. Jangan sampai semua cita-cita ini pupus," ungkap Riri Damayanti John Latief.

Di sisi lain, Riri Damayanti John Latief juga mengapresiasi atas beroperasinya ruasa Tol Bengkulu-Taba Penanjung. Dirinya berharap pemerintah tidak menunda kelanjutan pembangunan jalan tol tersebut hingga mencapai Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan.

Seperti diketahui, Ruas Tol Bengkulu-Taba Penanjung akan resmi beroperasi mulai 12 Januari 2023. Rencana pengoperasian ini sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui rapat bersama, Kamis 5 Januari 2023.

Selain menetapkan tanggal pengoperasian, pemerintah juga telah menetapkan tarif Tol Bengkulu-Taba Penanjung. Artinya jika sebelumnya sejak akhir 2022 lalu ruas Tol Bengkulu-Taba Penanjung tersebut sudah dapat dilalui tanpa berbayar alias gratis, per 12 Januari 2023 akan mulai berbayar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: