Jelang Pergantian Tahun, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Monitoring di Lapas Perempuan Palembang

Jelang Pergantian Tahun, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Monitoring di Lapas Perempuan Palembang

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Jelang tahun baru 2023, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Ilham Djaya melakukan monitoring di Lapas Perempuan Palembang, Kamis 29 Desember 2022.

Kunjungan ini disambut oleh Kalapas Perempuan Palembang, Ike Rahmawati beserta jajaran.

Setiba di Lapas Perempuan Palembang, Kakanwil Ilham Djaya langsung meninjau kondisi dapur serta proses pengolahan bahan makanan bagi WBP agar sesuai peraturan yang ada. 

"Saya sangat mengapresiasi area dapur Lapas Perempuan Palembang sangat bersih dan wangi, sehingga makanan yang dihasilkan pun sudah pasti terjamin kehigienisannya", ungkapnya. 

BACA JUGA:Jelang Laga, Bus Timnas Thailand Dilempar Batu, Pulang Laga Dijaga Super Ketat Polisi

Disamping itu, Kakanwil Ilham Djaya juga mengingatkan petugas dan WBP bertugas di dapur, agar selalu mempertahankan kebersihan area dapur, menurutnya dapur sebagai tempat mengolah dan menyajikan makanan untuk WBP, sehingga harus dijaga kebersihannya.

"Jadikan pekerjaan ini sebagai ibadah, sehingga kita ikhlas mengerjakannya," ungkap mantan Kalapas Palembang yang pertama itu. 

Selanjutnya Kakanwil Ilham melakukan peninjauan pada blok hunian. Ia mengimbau kepada petugas pengamanan agar terus meningkatkan pengawasan ketat alur keluar masuk WBP.

Menurutnya dalam menyambut tahun baru 2023 perlu disiapkan petugas pengamanan yang siap siaga untuk melaksanakan tugas pengamanan, guna terciptanya kondisi yang aman, tertib dan terkendali sehingga jauh dari adanya gangguan keamanan dan ketertiban.

BACA JUGA:Pemerintah Rancang Aturan Pensiun Dini Massal, PNS Siap-siap

Pada kesempatan itu, Ilham Djaya mengunjungi bengkel kerja yang terdapat beberapa program pelatihan kemandirian seperti kerajinan tas dari benang kur, sandal, sepatu, menenun kain songket, bordiran, salon serta pembuatan roti dan snack. 

Hasil kerajinan ini selain dipasarkan melalui gerai Le Vanile Lapas Perempuan Palembang dan juga melalaui online (marketplace dan instagram), juga ikut ambil bagian pada beberapa pameran atau event.

“Program kemandirian yang ada di Lapas Perempuan Palembang sudah sangat baik, semoga program-program yang ada menjadi sarana pengembangan diri para warga binaan, diharapkan WBP dapat berubah menjadi lebih baik, tidak mengulangi kesalahannya, dan jika usai jalani pidana nanti bisa berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara”, harapnya.

Terakhir ia berpesan kepada jajaran Lapas Perempuan Palembang untuk senantiasa menjaga kekompakan dalam bekerja, “Selalu bersinergi dan harus mempunyai komitmen agar dapat menjadikan Lapas Perempuan Palembang ke arah yang lebih baik lagi," tutup Kakanwil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: