Ketahui 5 Manfaat dan Kandungan Kemiri untuk Kesehatan

Ketahui 5 Manfaat dan Kandungan Kemiri untuk Kesehatan

Kemiri. Foto : istockphoto.com--

3. Mencegah Infeksi

Kandungan  flavonoid dan senyawa fenolik pada kemiri memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, antijamur, dan antibakteri. 

Oleh karena itu, hazelnut diyakini dapat membantu anda terhindar dari penyakit akibat infeksi jamur dan bakteri. 

Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas dan kemungkinan efek samping kemiri dalam mencegah infeksi.

BACA JUGA:28 Pilihan Sekolah Diploma di Palembang, Bidang Kesehatan Lebih Banyak

4. Mengatasi Sembelit

Kemiri juga diduga dapat mengatasi sembelit. Manfaat ini berasal dari kandungan serat yang dikandungnya. Namun perlu diingat bahwa jumlah serat pada hazelnut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian anda. 

Oleh karena itu, seimbangkan asupan hazelnut dengan  buah dan sayur lainnya untuk memenuhi asupan serat harian  guna mencegah dan mengatasi sembelit.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Lemak tak jenuh dalam kemiri tidak hanya meningkatkan kadar HDL dan menurunkan risiko hipertensi, tetapi juga dapat mengurangi penggumpalan darah dan detak jantung yang tidak teratur. Ini mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Banyak cara untuk mendapatkan manfaat kemiri, seperti menggunakan minyak kemiri untuk menutrisi rambut dan menjaga kesehatan kulit. 

BACA JUGA:28 Pilihan Sekolah Diploma di Palembang, Bidang Kesehatan Lebih Banyak

Anda juga bisa menambahkan kemiri ke dalam diet anda untuk mendapatkan manfaat kemiri. Tapi jangan makan hazelnut mentah untuk menghindari diare, muntah dan sakit perut.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: