Resep dan Cara Membuat 4 Penganan Berbahan Tepung Beras Favorit di Ogan Komering Ilir

Resep dan Cara Membuat 4 Penganan Berbahan Tepung Beras Favorit di Ogan Komering Ilir

Ilustrasi--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Banya kue tradisional asli Indonesia yang berbahan dari tepung beras. Tepung beras dibuat dengan cara menggiling beras putih sampai tingkat kehalusan tertentu. 

Diantaranya 4 jenis penganan favorit di Ogan Komering Ilir (OKI) ini. Kue-kue berbahan dari tepung beras ini kerap hadir dalam perayaan tertentu seperti acara pernikahan, selamatan, dan peringatan kematian dan lainnya. Termasuk sangat digemari pada bulan Puasa atau Ramadhan. 

1. Kue Lapis 

Kue yang juga disebut dengan kue pepe ini biasanya memiliki beberapa warna dan adonannya disusun berlapis. Selain menarik, rasanya pun enak.

Setiap lapisannya dibuat dengan cara dikukus, dan proses ini akan dilakukan secara berulang hingga berlapis-lapis. Kue dijadikan teman minum teh sore hari. 

2. Nagasari Tepung Beras. 

Nagasari merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras. Bahan untuk membuat nagasari, di antaranya tepung sagu, santan, tepung beras, dan pisang tanduk.

Kue nagasari ini, sangat disukai anak-anak. Masaknya dikukus dengan cara dibungkus daun pisang. Di tengah-tangahnya ada pisang tanduk. 

BACA JUGA:Wow! 4 Tempat Makan di Kota Palembang Ini Dipromosikan Presiden Jokowi, Apa Saja?

3. Kue Jongkong

Kue jongkong adalah salah satu cemilan tradisional khas Bangka Belitung. Terbuat dari tepung beras, tepung tapioka dan santan. Dengan siraman saus gula merah, dan sensasi wangi pandan yang menggugah selera. Teksturnya lembut, rasanya manis, dan tampilannya cantik. Sangat menarik untuk dijadikan suguhan saat acara keluarga.

Bahan lapisan 1:

250 gr gula merah, diiris tipis

75 ml air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: