Cara Buat Kince Duren, Penganan Enak Musiman Bikin Ngiler di Ogan Komering Ilir

Cara Buat Kince Duren, Penganan Enak Musiman Bikin Ngiler di Ogan Komering Ilir

Kince Duren atau Kolak Durian.-Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Penganan berbahan dasar buah durian yang disebut kolak durian atau kince duren. Rupanya sangat banyak penyukanya. 

Penganan kince duren ini merupakan penganan enak musiman. Dengan alasan buah durian dengan bau khas ini merupakan buah musiman. 

Dimana buah durian ini bukan selalu ada tetapi melainkan berdasarkan musiman. Terkadang buah durian musim mendekati akhir tahun. 

Dikatakan Nurbani, makanan kince duren selalu dimasak atau dibuat apabila musim duren tiba. Apalagi di desa mereka, kebanyakan mempunyai kebun durian. 

BACA JUGA:Maxx Kitchen Foodcourt, Tempat Kongkow Baru di PS Mall Palembang

"Bila musim duren tiba, jelas banyak duren dan sudah sering dimakan biasa. Maka oleh karena itu dimasak kince," ujar Nurbani, warga Desa Seriguna, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Dia menjelaskan, kolak duren atau kince ini selain duren makannya bersama dengan ketan. Yakni duren dicampur santan dan dimasak serta dicampur gula merah. 

Untuk ketannya dimasak seperti nasi. Jadi cara makannya ketan dicampur kuah kince duren. Karena bau duren yang khas menyengat, sehingga menggugah untuk menyantapnya saat panas. 

"Kince duren ini enak dimakan sore hari saat kumpul bersama keluarga besar," terangnya, kepada SUMEKS.CO, Sabtu 17 Desember 2022.

BACA JUGA:Mengenal Kue Tapal Sepit atau Semprong Khas Ogan Komering Ilir, Ini Resep dan Cara Buatnya

Tak jarang kince duren ini, sambung Nurbani, menjadi makanan pada acara yasinan, arisan dan sebagainya apabila musim duren. 

"Kalau di desa kami rata-rata sangat menyukai kince duren ini. Oleh karena itu selalu menjadi makanan pavorit bila musim duren," imbuhnya. 

Cara membuat kince duren. 

Bahan: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: