Siberkreasi Netizen Fair 2022 Dorong UMKM Manfaatkan Media Sosial agar Lebih Kompetitif di Era Ekonomi Digital

Siberkreasi Netizen Fair 2022 Dorong UMKM Manfaatkan Media Sosial agar Lebih Kompetitif di Era Ekonomi Digital

--

BACA JUGA:Ayo Nongkrong! Ini 13 Cafe Nyaman dan Instagramable di Kota Palembang

Contohnya, peserta harus membuat konten dengan menggunakan tren sound TikTok yang sedang marak digunakan oleh pengguna lain. Peserta dianjurkan untuk mengunjungi website creative center untuk mengetahui tren yang sedang viral.

Kemudian setelah peserta membuat konten dengan mengikuti tren yang viral tersebut, peserta dianjurkan untuk membuat akun Instagram yang berisikan konten-konten yang mengandung informasi terkait produk.

Setelah peserta memahami bagaimana cara mengembangkan UMKM yang dimilikinya dengan membuat konten yang menarik, Edho Zell kembali menjadi narasumber pada sesi Kelas Kreasi Konten yang berjudul “Bikin Video FYP”.

Dalam sesi terakhir Kelas A tersebut, Edho menjelaskan bahwa Tiktok merupakan salah satu media sosial yang memiliki fitur unik dalam membantu video yang telah diunggah dapat dilihat oleh pengguna lainnya dengan jumlah yang banyak. Fitur yang dimaksud adalah For You Page (FYP).

BACA JUGA:Jalan Depan SD Xaverius 4 Palembang Dibuat Zebra Cross

Fitur ini adalah fitur yang bermanfaat bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya ke khalayak. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM agar konten promosinya dapat masuk ke FYP. Edho Zell selanjutnya menjelaskan cara untuk memaksimalkan video promosi atau konten agar masuk ke FYP yakni dengan menggunakan sound Tiktok dan menggunakan hashtag yang sedang tren atau sering dipakai oleh pengguna lain.

Selain itu, ada cara lain yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya di Tiktok yaitu dengan menggunakan fitur live shopping karena fitur tersebut adalah salah satu fitur yang paling efektif untuk mendorong promosi produk.

Lebih lanjut, Edho Zell menjelaskan tiga cara untuk membuat konten yang berguna terhadap brand kepada peserta. Cara yang pertama adalah Hub, yaitu dengan memanfaatkan tren untuk mengkomunikasikan brand kepada khalayak yang berguna untuk menaikkan jumlah followers.

Lalu, cara kedua ialah Hero, cara ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan product knowledge dengan menggunakan format intro-problem-solution yang menjelaskan bagaimana produk pelaku UMKM dapat menjadi solusi dari permasalahan kebutuhan khalayak atau calon pembeli. Sedangkan untuk cara terakhir adalah Help, yaitu cara untuk membangun followers yang loyal terhadap brand yang dimiliki oleh pelaku UMKM dengan memanfaatkan aspek emosional followers. Cara ini dapat digunakan dengan membalas komentar followers dan membuat konten video dari balasan komentar followers sehingga berpotensi untuk membuat followers menjadi loyal terhadap brand.

BACA JUGA: Tewas Bersimbah Darah di Dekat Sekolah, Korban Masih Pegang Parang

Setelah belajar tentang pemanfaatan teknologi digital, para peserta SNF 2022 menikmati hiburan di panggung utama pada malam penutupan SNF 2022 yang dimeriahkan dengan penampilan Ndarboy Genk. Selain itu, di panggung utama juga berlangsung games interaktif berhadiah yang diikuti oleh para peserta kegiatan.

Per Desember 2022, Kemenkominfo telah berhasil melakukan literasi digital kepada lebih dari 5.500.000 penduduk Indonesia di segmen kelompok masyarakat, komunitas, pendidikan, dan pemerintahan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: