Ternyata Ini Alasan Pengalihan Kapal Roro KMP Puteri Leanpuri dari Provinsi Sumsel ke Bangka Belitung

Ternyata Ini Alasan Pengalihan Kapal Roro KMP Puteri Leanpuri dari Provinsi Sumsel ke Bangka Belitung

Kapal Roro KMP Puteri Leanpuri--

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Pengalihan Kapal Roro KMP Puteri Leanpuri, Provinsi Sumsel ke Provinsi Bangka Belitung tepatnya di Tanjung Ro - Tanjung Nyato, menurut Kadishub Banyuasin Mulyanto disebabkan dua faktor.

"Dua hal itu belum terlaksana, "kata Kadishub Banyuasin Mulyanto, kepada SUMEKS.CO, Kamis 15 Desember 2022. 

Dua faktor penyebab kapal Roro KMP Puteri Leanpuri sementara waktu dialihkan, pertama belum terpenuhi prasarana pendukung menuju lokasi dermaga.

Kondisi jalan Sri Menanti menuju jalan Tanjung Api Api belum sepenuhnya di cor. "Itu cukup panjang jalan yang mau dicor, " terangnya. 

BACA JUGA:Daftar Bansos dan BLT 2022 yang Bakal Dihapuskan dan Dilanjutkan Tahun 2023

Kemudian adanya kerusakan feeder di Dermaga Karang Agung Baru. Akibatnya menyulitkan kapal bersandar di lokasi. "Hal itu sudah kita laporkan ke Bupati Banyuasin, dan diinstruksikan ditindaklanjuti,'' tegasnya. 

Mengenai sarana jalan, akan ditindaklanjuti oleh instansi terkait dalam hal ini dinas PU PR Banyuasin untuk dilanjutkan perbaikan jalan pada tahun 2023 mendatang. "Untuk feeder, akan kita anggarkan, " terangnya. 

Jika hal terpenuhi, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat, agar kapal itu dikembalikan lagi di dermaga sri menanti.

"Kita optimis hal itu terlaksana, " imbuhnya. Memang untuk kewenangan penuh terkait operasional kapal merupakan sepenuhnya kewenangan Kemenhub republik Indonesia.

Lebih lanjut ia menerangkan keputusan itu sendiri diketahui usai pihaknya mendapatkan surat dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat dengan SK Kemenhub No KP-DRJD 9496 Tahun 2022.

"Kapal itu sendiri dialihkan sementara pada tahun 2023 mendatang, " tuturnya. 

Diakuinya kalau kapal itu lebih cocok dengan jalur sungai, sehingga memang sudah seharusnya ditempatkan di dermaga sri menanti. "Tapi sekarang digunakan di laut, " tukasnya.

Selain itu juga dialihkan di lokasi itu, karena kapal itu tentunya membutuhkan pemeliharaan dan perawatan."Itu perhitungannya mungkin, "pungkasnya.(qda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: