6 Hutan di Ogan Ilir Ini Terkenal Keramat, Disinyalir Terdapat Makam Wali

6 Hutan di Ogan Ilir Ini Terkenal Keramat, Disinyalir Terdapat Makam Wali

Salah satu hutan keramat yang ada di Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Untuk menuju hutan-hutan tersebut, harus menggunakan perahu untuk menyeberang. Karena, hutan-hutan keramat tersebut letaknya berada di seberang dusun.-Foto: Hetty/sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Tanjung Atap merupakan sebuah desa di Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Desa ini lebih terkenal dengan sentra kerajinan tangannya, berupa peralatan rumah tangga yang terbuat dari aluminium.

Selain terkenal dengan kerajinan aluminiumnya, desa ini juga terkenal dengan wisata religi. Betapa tidak, di Desa Tanjung Atap ini terdapat sejumlah makam syeikh dan wali.

Makam-makam syeikh dan wali ini terletak di beberapa hutan yang ada di Desa Tanjung Atap. Menurut masyarakat setempat, beberapa hutan yang ada di desa mereka memiliki unsur mistisnya.

Berikut lima hutan di Desa Tanjung Atap yang dikenal mistis, berdasarkan informasi yang dihimpun SUMEKS.CO dari warga Desa Tanjung Atap.

Pertama, warga Desa Tanjung Atap menyebut hutan ini sebagai Pulau. Disini, terdapat makam keramat bernama Syeikh Sayyid Umar Baginda Sari atau Tuan Umar Baginda Saleh.

BACA JUGA:Jelita Nan Mempesona, Kini Jadi Tempat Tongkrongan Baru Warga di Ogan Ilir

Syeikh Sayyid Umar Baginda Sari merupakan salah satu ulama penyebar Agama Islam di wilayah Sumatra Selatan. Perjalanan dakwah Sayyid Umar Baginda Sari berakhir di Desa Tanjung Atap.

Pulau keramat ini sering dikunjungi warga untuk berziarah ke makam Sayyid Umar Baginda Sari. Untuk menuju pulau ini, bisa melalui jalut darat dan juga sungai pada saat air pasang.

Kedua, Pulau Karam. Hutan ini terletak di seberang Pulau Keramat Sayyid Umar Baginda Sari mengarah ke Desa Tanjung Pinang. Menurut warga Desa Tanjung Atap, di Pulau Karam ini juga terdapat sebuah makam wali. 

Hanya saja, warga tersebut tak begitu mengingat nama wali yang di makamkan di Pulau Karam itu.

Ketiga, Tanjung Bayas. Letak hutan ini berada di antara Pulau Palo dengan Pulau Keramat. Disini juga terdapat makam wali, lagi-lagi warga tersebut lupa nama wali tersebut.

BACA JUGA:Berkunjung ke Kampoeng BNI di Ogan Ilir, Mengenal Kerajinan Tenun Songket

Keempat, Punoh Rajo. Hutan yang terletak di seberang dusun atau lokasi wisata Ancol. Menurut warga setempat, disini juga terdapat makam keramat yang diduga seorang wali.

Kelima, Teluk Berkad. Hutan ini berada di ujung Ancol atau bertemunya air dengan Pulau Punoh Rajo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: