SMB IV Harapkan Peran Aktif Masyarakat Kota Palembang di Siguntang Fest 2022

SMB IV Harapkan Peran Aktif Masyarakat Kota Palembang di Siguntang Fest 2022

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn di pembukaan Siguntang Fest 2022, Senin 5 Desember 2022.-Foto: Dok. Sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Siguntang Fest 2022 resmi dibuka. Kegiatan ini berlangsung di Bukit Seguntang Palembang dari tanggal 5 hingga 7 Desember 2022 mendatang.

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M. Fauwaz Diradja SH MKn yang hadir dalam Siguntang Fest 2022 berharap kedepannya sering digelar even-even seperti ini dengan mengangkat sejarah dan budaya Sumsel.

“Supaya generasi milenial tahu jati diri atau budaya dari mana asal usulnya,” katanya.

SMB IV berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel yang selalu menggelar even-even seperti ini, ia juga berharap masayarakat berperan aktif, sebab banyak sekali budaya lokal yang bisa lestarikan dan dikembangkan.

BACA JUGA:Siguntang Fest 2022 Digelar, Kenalkan Sejarah Sumsel Kepada Millenial

“Karena kebudayaan ini akan hidup kalau kita selalu menghidupkannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Aufa Syahrizal menjelaskan kegiatan digelar pada Siguntang Fest 2022. Diantaranya, Dulmuluk, pelatihan membuat batik, tanjak, pengenalan huruf aksara hulu dan lainnya.

"Tujuannya untuk melestarikan budaya apapun itu bentuknya," ungkap Aufa

Menurutnya Siguntang Fest ini juga menjadi media promosi dan edukasi kepada masyarakat untuk mengenalkan berbagai budaya dan sejarah yang ada di Bukit Seguntang.

BACA JUGA:Bukit Siguntang, Saksi Bisu Putri Cantik yang Mempunyai Kesaktian Luar Biasa

"Agar mereka juga tahu bahwa Siguntang ini juga menyimpan banyak cerita," katanya,

Selain itu, Aufa menuturkan, kegiatan ini juga menggandeng puluhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Palembang. Tujuannya, tak lain untuk membangkitkan ekonomi UMKM melalui sektor pariwisata.

Dalam kesempatan tersebut Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja, SHM.Kn dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Aufa Syahrizal sempat bermain permainan tradisional. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: