5 Karya Budaya Sumatera Selatan jadi WBTb, Nomor 1 Khas Kota Palembang

5 Karya Budaya Sumatera Selatan jadi WBTb, Nomor 1 Khas Kota Palembang

Tradisi unik yang hanya ada di Kota Palembang, telok abang-foto sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Lima Karya Budaya dari Sumatera Selatan akhirnya ditetapkan sebagi Warisan Budaya Tak Bergerak (WBTb).

Penetapan itu disampaikan Ketua Tim Ahli L.R. Lono Simatupang usai menjalani Sidang Penetapan tahap ke-2. 31 Agustus 2023 di Hotel Milenium Jakarta. 

Kelima karya budaya yang terdiri, pertama adalah Telok Abang Palembang, Sedekah Balaq (OKU Timur), Tari Erai-erai (Lahat), dari Incang-incang Pedamaran (OKI), Jidur Pedamaran (OKI) dibacakan oleh Ketua Tim Ahli L.R. Lono Simatupang.

Lono Simatupang mengatakan jika dari 215 karya budaya yang disidangkan, hanya 2 yang ditangguhkan. Selebihnya 213 karya budaya ditetapkan sebagai karya budaya

Sumatera Selatan sendiri mengusulkan 11 karya budaya, namun untuk saat ini baru ditetapkan 5 karya budaya tak bergerak.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel: Terimakasih, Masih Peduli dengan Budaya Sumsel

Jelas saja, jika hasil ketetapan itu bikin bangga perwakilan Sumatera Selatan yang terdiri dari perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel  Dian Permata Suri, Budayawan Vebri Al Lintani (mengawal Incang-incang dan Telok Abang), Abdullah (mengawal sedekah Balaq), Suhardi Hermi (mengawal Jidur), Yessi dan Martini (mengawal tari eray-eray).

Dian menyatakan menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas penetapan karya budaya tersebut.

“Alhamdulillah, Sumsel dapat memertahankan 5 karya budaya diantara 16 karya budaya yang kita usulkan. 11 karya budaya ditangguhkan sebelum sidang penetapan.” Kata Dian.

BACA JUGA:Seguntang Fest Ingatkan Budaya Sumsel

Keberhasilan ini, tambah Dian, merupakan hasil kerja keras semua pihak dalam melengkapi data kajian, foto, video dan data pendukung lainnya.   

Sementara itu, Martini, maestro tari erai-erai dan Yessi sebagai penulis kajian sangat terharu atas ketetapan ini.

“Tidak sia-sia kami datang ke Jakarta. Pulang nanti ada yang dapat kami berikan kepada pemerintah dan masyarakat kabupaten Lahat. Tari Erai-erai ini merupakan karya budaya yang pertama dari Kabupaten Lahat yang ditetapkan sebagai WBTb Indonesia. Tentu ini akan memotivasi untuk lebih giat lagi dalam mengusulkan karya budaya di tahun-tahun berikutnya,“ kata Martini.     

BACA JUGA:5 Karya Budaya Sumatera Selatan jadi WBTb, Nomor 1 Khas Kota Palembang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: