Kawah Tengkurep, Tempat Pemakaman Raja Pertama Palembang dan Keturunan

Kawah Tengkurep, Tempat Pemakaman Raja Pertama Palembang dan Keturunan

Kompleks Makam Kawah Tengkurep, 3 Ilir, Ilir Timur 2, Palembang. -Edy Handoko-

BACA JUGA:6 Hotel di Palembang Terdekat dengan Jembatan Ampera

Bahkan, nama raja tersebut hingga kini sangat melekat dengan Kota Palembang. Tak ayal,  masyarakat juga menamakan masjid terbesar di Kota Palembang yakni, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikramo.

Ichsan, juru kunci makam kawah tengkurep mengatakan, setiap hari makam Kawah Tekurep dikunjungi oleh para peziarah yang bahkan datang dari luar Palembang. Tak hanya itu, setiap tahun khususnya di bulan Syaban Kota Palembang menggelar kegiatan haul besar yang atau Ziarah Kubro.

"Ya, peziarah dari mana-mana. Khususnya hari besar seperti ziarah kubro bisa mencapai 10.000 peziarah," kata Ichsan saat dibincangi SUMEKS.CO, Minggu 20 November 2022.

BACA JUGA:Kampung Air, Tempat Wisata Alam Instagramable di Palembang

Lanjut Ichsan, kegiatan tersebut diikuti oleh para ulama dari seluruh Indonesia, maupun dari luar negeri. Mereka berkumpul untuk mendoakan para alim ulama dan pejuang negara yang telah wafat dan dikebumikan di makam Kawah Tekurep ini.

"Tujuannya untuk membaca yasin dan mengirimkan doa," jelasnya. 

Lebih lanjut, Ichsan menerangkan, pengunjung yang ingin berziarah ke Kawah Tengkurep atau Makam Raja Kesultanan Palembang Darussalam, bisa datang setiap hari dan tidak dipungut biaya. Kendati, pihak penjaga makam menyediakan kotak yang ditempatkan di dalam ruangan makam Sultan Mahmud Badaruddin.

"Setiap hari bahkan sampai malam bisa dikunjungi," tandasnya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: