Tuntut Dipekerjakan, Warga Rawas Ilir Protes Tutup Aktivitas Tambang Batubara PT TPE

Tuntut Dipekerjakan, Warga Rawas Ilir Protes Tutup Aktivitas Tambang Batubara PT TPE

Suasana ketika warga menghentikan aktivitas di tambang PT TPE Muratara.-Foto: Zulqarnain/sumeks.co-

Dan perusahaan wajib melaporkan, jumlah tenaga kerja skill dan non skill. Serta tenaga kerja lokal dan non lokal.

"Kami sudah cek tidak ada laporan ke pemerintah dan pekerjanya rata rata dari luar Sumsel. Artinya perusahaan ini menganggap masyarakat kita itu sampah atau sekedar penonton saja," keluhnya.

Sementara Manager PT TPE, Feri mengaku tidak bisa membantah atau menyangkal apa yang sudah disampaikan masyarakat ke PT TPE. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT BSL, untuk membentuk program khusus terkait pemberdayaan tenaga kerja lokal.

"Rencananya kami akan memulai program itu di akhir 2023 nanti, karena kami akan melakukan sejumlah pendataan dan sebagainya sebagai proses terlebih dulu," bebernya.

BACA JUGA:10 Minuman dan Makanan Ini Berakibat Penuaan pada Kulit Wajah

Pihaknya mengaku juga sudah mendapat surat dan pemberitahuan mengenai permasalahan itu, baik dari Disnaker Muratara, maupun pemerintah daerah setempat.

Kabag Ops Polres Muratara, Kompol Ismail dan Kasat Intel, Iptu Novi Dilham yang turun langsung ke lokasi menyarankan agar masyarakat memberi pihak perusahaan waktu dalam memutuskan permasalahan itu.

Menurutnya, permasalahan ini tidak akan putus karena tidak ada pihak yang bisa memutuskan perkara itu.

"Sebaiknya kita selesaikan permasalahan ini di tingkat selanjutnya, dan kita jadwalkan kembali pertemuan selanjutnya di pemda Muratara," timpalnya.

Kesimpulan dari pertemuan itu, kedua belah pihak akan dijadwalkan pertemuan kembali di tingkat Kabupaten,  Senin 21 November 2022 mendatang. Selama belum ada putusan, PT TPE diminta warga tidak melakukan aktivitas, karena ditakutkan terjadinya kecemburuan sosial dari masyaraat yang terlanjur marah terhadap pihak perusahaan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: