5 Fakta Sungai Musi Palembang, Sungai Terpanjang kedua di Pulau Sumatera

5 Fakta Sungai Musi Palembang, Sungai Terpanjang kedua di Pulau Sumatera

--

Siapa tidak tahu sungai musi? Ya sungai yang membelah Kota Palembang sehingga memisahka dua daerah yakni Palembang Ulu dan Palembang ilir ini diatasnya tersambung jembatan Ampera yang tersohor itu.

Sungai Musi adalah sungai terpanjang kedua di Pulau Sumatera. Sungai ini kalah panjang denga sungai batanghari Jambi yang memiliki panjang 800 KM.

Berikut 5 Fakta Sungai Musi yang wajib kamu ketahui :

1. Panjang 750 KM

Sungai Musi memiliki panjang 750 KM. Hulu Sungai Musi berada di Bukit Kelam, sekitar 15 kilometer dari Curup, ibu kota Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Air sungai Musi di titik paling awalnya memancar dari dasar tebing di Bukit Kelam, dengan lebar 5 meter dan kedalaman semata kaki, dengan dasar berupa batu-batu kerikil. Air dari tebing tersebut turun ke arah tenggara dan semakin membasar setelah menyatu dengan air dari sumber-sumber lain, termasuk puluhan anak sungai, dan mengalir hingga 720 km panjangnya sebelum bermuara ke Selat Bangka.Bagian hulu sungai ini dalam kebudayaan Rejang dikenal sebagai Luak Ulu Musi.

Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan, yaitu Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat daerah Sungsang Kabupaten Banyuasin.

2. 8 Sungai Bermuara di Musi

Fakta kedua tentang sungai musi adalah, sungai ini menjadi muara atau bertemunya 8 sungai besar lainnya. Maka tidak salah, jika volume air Sungai Musi begitu besar .

8 sungai besar yang bermuara ke sungai musi yakni sungai Komering, Sungai Rawas, Sungai Leko, Sungai Lakitan,Sungai Kelingi, Sungai Lematang, Sungai Rupit dan Sungai Ogan.

3. Mengaliri  25 Kabupaten/Kota di Empat Provinsi

Fakta ketiga dari sungai musi yakni Sungai Musi yang memiliki panjang 750 KM mengalir di 25 Kabupaten/Kota yang tersebar di 4 Propinsi yakni Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan hingga Lampung.

Secara administrasi DAS Musi termasuk pada 4 (empat) provinsi yaitu Sumatra Selatan, Bengkulu, Jambi dan Lampung. Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatra Selatan yang masuk ke dalam DAS Musi meliputi 17 (tujuh belas) Kabupaten/Kota atau seluruh Provinsi Sumatra Selatan. 

Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang masuk pada DAS Musi meliputi Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang, sedangkan Kabupaten di Provinsi Jambi yang masuk pada DAS Musi meliputi Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Batanghari, dan Kabupaten Muaro Jambi. Dan kabupaten di Provinsi Lampung Barat yang masuk pada DAS Musi meliputi Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Way Kanan.

4. Bahan Baku Utama PDAM Tirta Musi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: