5 Fakta Sungai Musi Palembang, Sungai Terpanjang kedua di Pulau Sumatera

5 Fakta Sungai Musi Palembang, Sungai Terpanjang kedua di Pulau Sumatera

--

Sungai Musi merupakan bahan baku air bersih PDAM Tirta Musi Palembang, sehingga sungai tersebut merupakan bagian penting bagi kehidupan masyarakat.

Pencemaran air di Sungai Musi menjadi isu penting mengingat sungai ini menjadi baku air bersih perusahaan air minum daerah Tirta Musi yang menyuplai 80 persen kebutuhan air bersih bagi warga kota Palembang. 

5. Urat Nadi Ekonomi Sumsel

Keberadaan sungai musi sampai saat ini menjadi salah satu urat nadi bagi ekonomi Sumatera Selatan. 

Tranportasi sungai baik angkutab orang dan barang sangat mengandalkan sungai musi yang melegenda ini.

Bagi warga kota Palembang, tranportasi air jenis kapal kecik ata ketek adalah keseharian untuk lalu lintas dari daerah ulu ke ilir dan juga sebaliknya.

Keberadaan pasar 16 yang berada persis di samping Sunga Musi juga memberikan dampak ekonomi yang luas bagi warga Sumatera Selatan. Aktivitas bongkar muat barang kebutuhan pokok warga di dermaga pasar 16 untuk memenuhi suplai warga perairan di sepanjang sungai musi seperti daerah sungsang, jalur , hingga daerah jejawi. 

Aktivitas pabrik PUSRI juga sangat mengandalkan sungai musi untuk lalu lintas keluar masuk barang dari mulai bahan baku hingga pupuk yang akan dipasarkan.

Selain itu kita juga sering menyaksikan banyak tongkag tongkang besar pengangkut batu bara hilit mudik melintas di bawah jembatan Ampera Sungai Musi.

Kapal tongkang besar pembawa batu bara ini membawa hasil tambang emas hitam menjadi komoditas ekspor seperti ke China dan India. 

Demikian 5 fakta tentang Sungai Musi. Sungai Indah yang begitu banyak manfaat bagi jutaan umat manusia di Pulau Sumatera.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: