Pawai Budaya Delegasi Rakernas JKPI Pukau Warga Palembang

Pawai Budaya Delegasi Rakernas JKPI Pukau Warga Palembang

Peserta pawai budaya dari salah satu delegasi JKPI. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pawai budaya sebagai bagian dari rangkaian Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) IX digelar di pelataran Plaza Benteng Kuto Besak (BKB), Kamis 3 November malam. Tidak tanggung-tanggung, 28 kabupaten/kota anggota JKPI memeriahkan Pawai budaya tersebut.

Pawai budaya digelar usai Wali Kota Palembang H Harnojoyo melakukan serah terima jabatan sebagai Ketua Presidium JKPI dari Wali Kota Bogor Bima Arya. Satu per satu kabupaten/kota yang tergabung dalam anggota JKPI menampilkan pawai budaya daerah masing-masing sejak pukul sejak pukul 20.30-23.00 WIB.

Kabupaten/kota yang menampilkan pawai budaya antara lain Palembang, Semarang, Siak, Yogyakarta, Singkawang, Banjarmasin, Semarang, Jepara, Banda Aceh, Salatiga, Sawahlunto, Bogor, Langsa, dan Lubuklinggau.

Selanjutnya, Belitung Timur, Pekalongan, Sabang, Halmahera Barat, Surakarta, Sibolga, Ternate, Buton Utara, Blitar, dan Malang.

BACA JUGA:Wali Kota Palembang H Harnojoyo Resmi Jabat Ketua Presidium JKPI

Direktur Eksekutif JKPI, Nanang Asfarinal menuturkan, Indonesia memiliki banyak Kota Pusaka dan beragam budaya yang harus dipertahankan.

"Salah satunya dengan menggelar pawai budaya agar memotivasi semangat anggota JKPI serta memberi wahana positif dan edukatif kepada warga untuk menumbuhkan nilai cinta budaya," kata Nanang.

Sementara, ratusan warga Palembang turut menonton pawai budaya itu dan kagum akan pagelaran yang disajikan dalam rangkaian JKPI IX.

"Luar biasa, Indonesia memiliki banyak budaya, kami nonton ini sangat takjub," ungkap, Anek warga Kertapati.

Hal yang sama diungkapkan, Aprilia, warga Kebun Bunga. Menurutnya, pawai budaya merupakan pertunjukan budaya yang dinanti-nanti sepanjang tahun 2022.

"Akhirnya bisa melihat pawai budaya lagi, ini merupakan pertunjukkan terbaik di Kota Palembang akhir tahun ini," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: