Andikpas LPKA Palembang Kemenkumham Sumsel Dilatih Pertolongan Pertama Penyelamatan Medis

Andikpas LPKA Palembang Kemenkumham Sumsel Dilatih Pertolongan Pertama Penyelamatan Medis

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Anak Didik Pemasyarakatan pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA Kelas I Palembang) mendapatkan pelatihan pertolongan pertama penyelamatan medis.

Kepala LPKA Palembang Hamdi Hasibuan, Minggu 30 Oktober 2022 mengatakan, sebanyak 15 anak didik menerima pelatihan yang didampingi oleh Kasi dimulai dengan Kasi Pembinaan, Albert Haryadi.

Disampaikan Hamdi, materi pelatihan meliputi dasar-dasar pertolongan pertama kecelakaan, gangguan kesadaran, gangguan pernafasan, penunjang hidup dasar, alat dan perlengkapan pertolongan pertama, hingga teknik evakuasi dan transportasi korban.

“Mengingat betapa pentingnya hal tersebut, kami bekerjasama dengan PKBI Provinsi Sumsel yang menggandeng 5 petugas PMI Kota Palembang untuk mengadakan pelatihan pertolongan pertama 22 Oktober 2022”, jelasnya.

BACA JUGA:Soal Pengehentian Festival Musik Berdendang Bergoyang, Polisi Periksa Dua Orang Dari Manjemen

Hamdi mengatakan, secara umum pertolongan pertama merupakan perawatan dini yang diberikan kepada orang yang mendapat kecelakaan atau sakit yang tiba-tiba datang sebelum mendapatkan pertolongan dari tenaga medis.

Tujuan utama pelatihan ini, lanjutnya, adalah untuk mempertahankan penderita tetap hidup atau terhindar dari maut, membuat keadaan penderita tetap stabil, mengurangi rasa nyeri, ketidak-nyamanan dan rasa cemas serta menghindarkan kecacatan yang lebih parah. 

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto mengapresiai pembekalan penyelamatan pertama yang diberikan kepada Andikpas. Kakanwil Harun berharap ilmu yang diberikan dapat diimplementasikan sebaik-baiknya.  

BACA JUGA:Semakin Mudah, BRImo Hadirkan Fitur e-SBN untuk Investasi Membangun Negeri

Selain itu, Kalapas Hamdi memastikan bahwa disamping bekal dasar pertolongan pertama, petugas medis LPKA Kelas I Palembang selalu siaga menjalankan tugas karena memberlakukan sistem shift.

LPKA Kelas I Palembang juga menyediakan petugas yang siap bertugas secara on call sehingga pelayanan medis terhadap Andikpas dapat terlaksana secara optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: